Burung Anis

Terdapat sekitar 9.000 spesies burung di dunia yang telah diketahui. Cara pengenalan yang sering dilakukan para ahli adalah dengan mengidentifikasi burung berdasarkan ukuran tubuh, bentuk tubuh, warna bulu, kicauaun, serta kemampuan terbang yang khas dan bervariasi.

Ragam ukuran dan bentuk tubuh merupakan salah satu alasan dan daya tarik orang untuk memelihara burung. Daya tarik lain yang sering membuat orang jatuh cinta pada burung adalah keindahan bulu, suara, kelincahan, penampilan dan kelangkaannya. Banyak jenis burung di Indonesia yang menjadi burung kegemaran. Di antara sekian banyak jenis burung yang digemari adalah burung anis.

Saat ini bakalan anis umumnya masih diambil dari alam. Para pemburu biasanya memburu burung yang masih berupa piyik. Hasil buruan piyik alam ini memang lebih disukai karena lebih jinak dan lebih gampang dilatih berkicau.

Upaya perburuan piyik anis ini cukup mengkhawatirkan, apalagi kalau tidak dilanjutkan dengan usaha penagkarannya. Namun, rupanya Indonesia juga memiliki peternak yang peduli terhadap kelestarian anis. Meski hanya beberapa orang yang telah melakukan penangkaran anis, namun kini kita agak lebih mudah mendapatkan burung hasil penangkaran.

Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved