Morfoligis Burung Anis

Ciri-ciri anis tampak dari pola warna yang beragam dengan ukuran tubuh sedang. Kepala bulat. PAruh runcing, ramping. Badan bersayap lebar. Kaki agak panjang. Ekor ada yang panjang, ada yang pendek. Semua anggota suku anis cenderung mengakkan ekor secara berkala.

Keunikan anik terletak pada gayanya saat berkicau yang seperti pemabuk, khususnya anis merah Zoothera citrina. Ketika berkicau kepalanya digeleng-gelengkan ke kanan dan ke kiri dengan diselingi anggukan. Anis merupakan burung penyanyi yang bersuara merdu, nyaring dan mampu bercicit dsambil bersiul.

Anis termasuk suku turdidae yang beranggota sekitar 18 jenis burung. Penyebarannya luas, terdapat diseluruh dunia. Sebagian anggota suku ini merupakan burung pendatang dari belahan bumi utara. Ketika belahan bumi utara mengalami musim dingin, suku burung ini akan bermigrasi ke belahan bumi selatan.

Dalam beberapa nuku suku turdidae digolongkan menjadi beberapa kelompok burung, seperti cingcoang, kucica, meninting, tiung, anis serta kelompok burung lain. Suku ini terdiri dari burung yang memiliki banyak keragaman warna bulu, mulai dari cokelat jingga, cokelat bersisik, dan abu-abu yang sering berpadu dengan warna lain.

Makanan utama anis adalah serangga, invertebrata, kroto, jangkrik, rayap, siput, tempayak dan cacing. Selain itu anis juga suka mengkonsumsi buah-buahan. Kebiasaan anis adalah suka mandi dan bernaung ditempat=tempat teduh dan rindang. Sesekali anis terlihat mengendap=ngendap ditanah yang tertutup oleh rimbunya semak hutan didekat rawa-rawa sambil bermain dan berjemur. Sifatnya yang pemalu membuat anis senang menyembunyikan diri saat berkicau meskipun sedang di alam bebas, Sarang Anis berbentuk seperti cawan dari serat -serat tumbuhan yang diperkuat dengan lumpur dan lumut.
Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved