Anis Kening

Anis kening (Turdus obscurus) disebut eye-browed thrush oleh orang eropa. Ukuran burung agak besar, panjang sekitar 25 cm. Ciri-ciri anis kening mirip redwing alias Turdus illacuus, sejenis anis yang terdapat di Eropa.

Warna tubuh anis kening agak cokelat dengan garis mata atau alis yang jelas. Bulu tubuh bagian atas cokelat Zaitun. Kepala abu-abu gelap. Dada agak cokelat. Perut putih dengan sapuan kemerahan pada sisi tubuh. Iris mata cokelat. Paruh bagian atas kuning dan bagian ujung hitam. Kaki agak kuning. Suaranya "zip-zip".

Penyebaran anis kening meliputi Asia bagian utara ketika musim berbiak pada musim panas. Ketika musim dingin burung bermigrasi ke Asia Tenggara seperti Filipina, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, dan Sumatera/ Di Indonesia anis kening hidup di hutan terbuka dan hutan sekunder. Kadangkala mereka terlihat mengendap diantara semak-semak atau pohon yang rendah secara berkelompok. Sifatnya cukup jinak dan senang mengawasi manusia. Makanannya cacing, tempayak, serangga dan buah-buahan.
Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved