Burung lumpuh bagaimana pencegahannya

Pernahkan anda mengalami burung peliharaan anda tiba tiba saja tergolek lemas di dasar sangkarnya seperti terserang kelumpuhan padahal sebelumnya burung terlihat baik baik saja. Pada kondisi tersebut burung biasanya hanya berbaring saja tidak mau makan apalagi menyentuh makanannya. kalau anda pernah mengalami hal demikian itu terjadi karena burung peliharaan anda kekurangan asupan mineral terutama kalsium.

Kekurangan salah satu mineral bisa membuat burung drop. Karena tanpa mineral yang cukup, vitamin dan makanan lain tidak dapat terolah dengan baik di dalam sistem pencernaan dan metabolism burung. Saat burung dalam kondisi drop kemudian akan muncul serangan anemia, di mana burung akan sangat lemas, lunglai seperti tak bertenaga. 

Antibiotik biasanya tidak bisa membantu karena bukan disebabkan oleh serangan mikroba. Hal yang perlu Anda lakukan adalah :                                                                                                             
  1. Atasi anemianya dengan memberikan vitamin B12 atau vitamin B complex atau multivitamin lainnya dengan kandungan B12 yang besar.
  2. Burung harus tetap mendapatkan asupan makanan yang baik. Hanya saja, selama sistem pencernaannya belum berfungsi normal, akan sulit bagi dia mendapatkan energi yang cukup untuk bertahan hidup.
  3. Jika burung masih mau makan dan dia adalah pemakan serangga, berikan saja kroto dengan ditaburi multivitamin, misalnya BirdVit. Jangan larutkan multivitamin daam air dengan berharap burung mau meminumnya karena cara ini akan sia-sia, hanya sedikit yang akan terminum.
  4. Usahakan pemberian makanan apapun ke dalam pencernaan burung tidak dengan cara dipegang. Karena, burung dalam kondisi drop, jika dipegang akan seperti tersentak karena tidak punya labirin dan hal ini bisa menyebabkan kematian. Burung dalam kondisi sakit, jika tertekan di bagian dada bisa langsung tersedak dan mati di tangan kita.
  5. Memberi asupan pakan burung  pada burung yang sedang drop, bisa dilakukan dengan menggunakan injeksi yang ujungnya diganti dengan selang kecil. Tetes-teteskan makanan/minuman apa akan diberikan pada burung dari atas paruhnya dengan harapan ada bagian yang masuk ke mulut burung dan terminum.

Sumber : Reblog dari omkicau.com
Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved