Burung kenari berbulu indah

Kenari-kenari yang mempunyai warna bulu indah bukan berarti tidak bersuara bagus. Meski ada kecenderungan orang memeliharanya karena tertarik bulunya yang indah.

Kelompok penggemar yang suka karena keindahan warna bulu kenari terkadang kecewa karena warna yang indah tersebut terkadang berubah menjadi pudar. Berbagai upaya dilakukan agar warna-warna bulu tersebut terus indah tanpa mengalami perubahan. Untuk mempertahankan warna burung kenari dapat dilakukan melalui pemberian pakan yang mengandung pigmen (zat warna), terutama saat bulu akan tumbuh atau ketika ngurak (rontok bulu) hingga tumbuh sempurna.

Pemberian pakan yang mengandung pigmen harus disesuaikan dengan warna dasar kenari. Untuk meningkatkan warna merah dapat diberi makanan yang  banyak mengandung karotin (zat warna merah) seperti wortel. Caranya, kenari setiap pagi diberi minum air perasan wortel atau bisa juga dengan Carovit yang sudah banyak dijual di pasaran. Sementara pada sore harinya bisa diberi air putih. Cara ini dilakukan hingga bulu tumbuh sempurna.

Untuk menguatkan warna kuning dapat diberi antozantin (zat warna kuning), yang terkandung pada kunyit. Kunyit diparut dan dicampurkan pada pakan. Setelah tercampur, pakan tersebut kemudian dikeringkan. Sementara untuk meningkatkan warna hijau bisa menggunakan daun selada, katuk, atau dedaunan lainnya yang banyak mengandung klorofil (zat warna hijau). Tanaman terung-terungan yang banyak mengandung antosian (zat warna hitam atau biru) dapat membantu menguatkan warna hitam dan biru. Untuk menambahkan warna lain, dapat mengombinasi antara zat warna dengan warna dasar kenari
Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved