Pemeliharaan anak burung kenari dalam asuhan induk

Burung-burung kenari hasil kawin silang membutuhkan pemeliharaan dan perhatian dari peternak, sejak menetas hingga dewasa. Semasa dalam perawatan induknya pun juga harus diperhatikan, terutama bila induk merawat lebih dari dua ekor anakan kenari. Jika tidak pandai merawat, salah satu anaknya akan kurang mendapat perhatian dan kalah berebut makanan dengan saudara lainnya.

Jika melihat kenari yang kurang bagus sebaiknya peternak ikut membantu menyuapi anakan kenari agar semua anakan yang dihasilkan dapat tumbuh dan berkembang secara merata. Anakan bisa disuapi dengan makanan halus, misalnya rebusan kuning telur yang dicampur dengan tepung roti atau bubur bayi dan diberi AD-Plek satu tetes. Apabila anakan telah berusia satu minggu dapat ditambahkan kroto.

Saat menyuapi anakan kenari yang masih kecil, peternak dapat menggunakan alat bantu. Usahakan jangan sampai alat bantu yang digunakan berupa benda-benda runcing atau tajam, seperti lidi atau benda lain yang sejenis. Sebaiknya gunakan kuas yang berukuran kecil karena bulu-bulu kuas sangat lembut dan tidak berbahaya. Kenari yang masih dalam asuhan induknya bisa diberi gelang, sebagai tanda hasil budidaya,  pada gelang tersebut tercantum nama peternak dan jenis kenari.
Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved