Hobi Memelihara Burung Kenari

Masing-masing penggemar memelihara burung kenari tentu memiliki kesuakaan yang berbeda-beda. Ada yang memelihara karena suaranya, keindahan warna bulunya, bentuknya, atau perpaduan ketiganya.

1.       Suka karena kemerduan suaranya

      Kelompok ini memelihara burung kenari karena kemerduan serta jenis suara yang dimilikinya. Mereka hanya memburu jenis-jenis kenari yang dinilai mempunyai keunggulan di bidang suara. Kenari yang tergolong mempunyai keunggulan suara di antaranya: waterslager, yorkshire, border, gloster, dan frill.

      Kelompok penggemar inilah yang paling banyak terdapat di Indonesia. Hal ini dikarenakan kontes kenari di Indonesia masih dinilai berdasarkan suara. Belum ada kontes bentuk tubuh seperti yang dilakukan di Holland.

      Para penggemar kenari, tampaknya belum puas dengan jenis kenari yang sudah ada. Mereka masih berupaya mendapatkan kenari-kenari yang  mempunyai keunggulkan dalam bidang suara. Oleh karena itu, banyak penggemar yang mencoba mengawinsilangkan jenis-jenis kenari yang mempunyai darah baik atau bersuara indah.

2.       Suka karena keindahan bulunya

      Selain merupakan burung penyanyi, kenari juga dikenal sebagai burung yang mempunyai warna bulu yang beraneka ragam. Ada beberapa yang memang dianggap mempunyai bulu indah. Beberapa penggemar ada yang tertarik karena keindahan bulunya, meski terkadang suaranya kurang atau tidak bagus.

      Kebanyakan wanita sangat tertarik pada kenari yang mempunyai bulu yang indah, meski kaum pria pun banyak pula yang memelihara sebagai burung hias. Jenis burung kenari yang mempunyai bulu yang indah di antaranya lizard dan kapoedsensijs.


3.       Suka karena keunikan bentuknya

Beberapa jenis kenari yang mempunyai keunikan bentuk badan. Ada yang berbadan bungkuk, berbulu terbalik, serta bertopi. Jenis kenari ini juga mempunyai pengagum tersendiri. Para pecinta burung hias cenderung memilih kenari jenis ini sebagai burung peliharaan. Kenari yang dinilai mempunyai keunikan bentuk di antaranya: frill, scotch fancy, belgian fancy, dan lanchanshire.

 
4.       Suka karena memiliki beberapa kelebihan

Tidak menutup kemungkinan penggemar burung memelihara kenari karena mempunyai beberapa kelebihan. Selain bersuara bagus, juga mempunyai bentuk dan warna bulu yang indah dan menawan. Bagi kelompok yang menyukai berdasarkan suara, warna bulu, dan bentuk akan mendapat kepuasan ganda bila kenarinya memiliki suara yang merdu serta bentuk dan warna bulu yang indah.

Beberapa kenari sudah ada yang mempunyai perpaduan dari masing-masing kelebihan tersebut, misalnya frill, goldvinch, yorkshire, serta beberapa jenis lainnya. Meskipun sudah ada yang mempunyai kelebihan ganda, tetapi penggemar tetap terpacu untuk mengawinsilangkan antar jenis kenari. Dengan harapan muncul jenis-jenis baru yang diinginkan dengan perpaduan hasil memiliki suara yang bagus serta berbulu indah.
Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved