Sarang untuk penangkaran burung anis

Untuk menjamin berhasilnya penangkaran, maka anis perlu diadaptasikan dengan lingkungan yang baru. Adaptasi dilakukan dengan cara mengajak bicara, bersiul dan memberikan hadiah ketika burung mampu melakukan apa yang kita kehendaki. Dengan perlakuan ini diharpakan burung tidak takut lagi, tidak kagetan, serta cepat jinak.

Fungsi utama sarang adalah sebagai tempat untuk meletakkan telur, mengerami telur dan merawat anak. Sarang dapat dibuat dari kotak kayuatau anyaman rotan yang banyak tersedia di kios-kios penjualan perlengkapan burung. Untuk memabantu burung agar mudah mempersiapakan dan membuat sarang maka dia atas sarang atau lantai kandang disediakan ijuk, daun cemara atau jerami kering.

Biasanya burung akan memunguti dan menata sendiri ijuk dan daun cemara tersebut menjadi sarang ketika musimberbiak tiba. Selain itu, sarang dapat dibuat dengan bantuan manusia. Sarang biasanya dibuat dari anyaman rotan yang didalamnya diberi ijuk, jerami, atau daun cemara. Untuk membentuk lengkungan cawan dapat digunakan alat bantu berupa bola lampu bekas.

Sarang anis di habitat aslinya berbentuk cawan yang diletakkan diatas pohon, semak-semak atau tanggul-tanggul bambu yang terletak tidak jauh dari tanah. Sarang terletak pada ketinggian sekitar 50 cm dari permukaan tanah.
Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved