Keuntungan Menanam Tanaman Nilam

Keuntungan Menanam Tanaman Nilam
Tanaman yang satu ini tergolong tanaman yang menggiurkan untuk menamannya, lantaran tumbuhan ini bisa membawa keuntungan yang besar, tiap tetesan minyak yang dikeluarkannya selama proses penyaringan. harganyapun bervariasi tergantung pada waktu tertentu kadang harganya per kilo mencapai 1 juta dan kadang turun hingga Rp. 700.000.


nilam memang sudah lama dikenal oleh masyarakat di indonesia khususnya didaerah tropis. kebanyakan para petani menanamnya di sela - sela tanah yang kosong. berangkat dari itu semua ada juga yang menam nilam karena ikut - ikutan, melihat orang sedang ramai menamam nilam maka orang juga akan berbondong - bondong menanaminya. kualitas minyak yang dihasilkan oleh nilam ini tergantung pada tanah yang ditumbuhinya, sangat cocok tanaman ini ditanam pada suhu yang sangat panas.


Tidak terdapat perlakuan khusus selama menamam nilam, tanaman ini sama juga dengan tumbuhan lainnya . awal dari proses penanamannya adalah persemaian di tempat yang teduh, selama kurang lebih 2 minggu hingga cabang tumbuhan ini tumbuh besar. setelah persemaian tumbuhan ini langsung ditanam pada tanah yang telah disediakan, kenapa disemai dahulu ? karena tumbuhan ini jika di tanah langsung pada tanah agak susah menyesuaikan suhu dengan tanah yang baru. kebanyakan nilam yang langsung ditanam rata - rata pada mati. oleh karena itu proses persemaian sangat penting. setelah di tanam tumbuhan ini juga di tutup dengan pelepah pisang agar terjaga suhunya agar tidak layu. dalam sehari diperlukan penyiraman selama dua kali, pada pagi hari dan sore. tapi ini juga tidak bersifat absolut jika tanaman ini keliatan normal, maka penyiraman bisa dilakukan selama 1 kali sehari. tanaman nilam yang sudah menghasilkan minyak adalah daunnya sudah agak kekuning - kuningan, maka petanda tumbuhan ini sudah bisa dipanen untuk selanjutnya dilakukan proses penyulingan. tidak hanya batang saja yang menghasilkan minyak tetapi rata - rata keseluruhan nilam ini bisa menghasilkan tetesan minyak.


sebelum nilam ini di olah menjadi minyak, terlebih dahulu tanaman nilam di keringkan dulu, hingga daunnya benar - benar melepuh. tanaman ini dipotong - potong menjadi bagian yang terkecil. kemudian baru dimasukan kedalam mesin penyulingan. tergantung pada kualitas nilam itu sendiri, karena tidak ada rumus yang pasti berapa kilo nilam yang di suling dan berapa nilam yang dihasilkan. karena bisa saja 1 goni nilam yang dimasukkan bisa menghasilkan 2 kg minyak, bahkan ada yang hanya 0,5 kg. kembali pada awal wacana tadi ” kualitas dankuantitas minyak nilam tegantung pada tanah yang ditumbuhinya serta iklim stempat”.

menggiurkan bukan untuk menam nilam, maka dimulailah dari sekarang. tidak hanya tanaman sawit yang menghasilkan pundi - pundi rupiah yang besar. jika dibandingkan dengan tanaman sawit membutuhkan waktu selama 2 tahun untuk bisa dipanen, tumbuhan nilam hanya membutuhkan tidak lebih dari setahun

sumber : Keuntungan Menanam Tanaman Nilam : Rahmad Nuthihar di Kompasiana
Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved