Mitos : Burung bersarang di pohon bambu pertanda burung juara

Mitos : Burung bersarang di pohon bambu pertanda burung juara
Bicara-burung kali ini kembali berbagi sedikit. Mumpung saya inget, Apakah sobat kicau pernah dengar kalau burung kicauan yang mempunyai sarang di pohon bambu itu pertanda bahwa burung itu burung juara?

Oh ya, yang saya maksut disini adalah pohon bambu kalau dalam bahasa jawa disebut juga mpring.
Kalau saya sendiri dengar mitos tersebut dari tetangga dan juga teman penggemar kicau juga.
Lalu bagaimana dengan sobat kicau, pernahkah mendengar mitos diatas, apakah sobat percaya?

Yang saya dengar dari teman-teman, burung kicau yang bersarang dipohon bambu itu sedikit. Kalau ada yang bersarang dipohon bambu, itu berarti burung itu burung juara. Anakan jadi bibit unggul.
Menurut saya hal diatas atau mitos tersebut memang ada benarnya juga. Berhubung rumah saya dekat dengan pohon bambu, ada burung trucuk liar  yang bersarang dipohon bambu tersebut, dan memang setiap pagi burung trucuk tersebut berkicau lebih keras dan mantap dibanding dengan burung trucuk liar lain yang bersarang di pohon-pohon(rambutan dan sebagainya).

Masih ada bukti lagi, Teman saya yang matanya  tajam(pintar mencari sarang burung liar). Pernah dapat burung trucuk dan burung pleci yang bersarang di pohon bambu. Anakannya dirawat, dan setelah bisa makan sendiri, burung-burung tersebut sudah terlihat kalau burung ini beda dan tanpa dilatih kualitas suara dan mental sudah bagus.

 Akhirnya burung trucuknya dijual(entah lalu berapa). Untuk burung plecinya ditukar dengan 2ayam bangkok 1:2(padahal burung pleci masih muda sekali) masih teman juga yang nukar burung pleci dengan ayam tersebut. Pernah saya tandingkan burung pleci tersebut dengan burung pleci saya yang pernah saya ceritakan di post berjudul burung pleci. Burung pelci saya tersebut kalah total, berani bunyi saja tidak. Sedang pleci yang didapat dari pohon bambu berkicau keras,mantap, teler dan sebagainya.

Yah mungkin hanya itu yang dapat saya bagi tentang Mitos : Burung bersarang di pohon bambu pertanda burung juara.
Namun untuk sekarang sudah tidak perlu susah-susah mencari sarang burung di pohon bambu, beli diternakan burung yang terpercaya dan indukan juara juga sudah bisa. Tapi utuk yang alami memang menurut saya sarang burung kicau dipohon bambu.
Semoga bermanfaat, dan lestarikan burung kicau.


Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved