Beragam Kenari Import

 
 
Memelihara kenari tidak lepas dari ketertarikan akan suara dan jenis kenari yang beraneka ragam, juga warna warninya yang selalu memikat hati penggemar burung kicauan, selain itu burung kenari juga bisa disebut sebagai ajang buat mengobati penasaran kita tentang ' apa jadinya jika kenari warna ini di jodohkan dengan warna yg lainnya ?' makanya tak heran kalau akhir -akhir ini semakin banyaknya penangkar penangkaran burung dari jenis kenari ini, selain untuk dijual kembali sebagai ladang usaha juga sebagai ajang proyek percobaan 'kawin silang' kenari untuk hobbi dan kontes. 

Beberapa dari jenis kenari memang telah kita kenal namun ada juga beberapa yang termasuk dalam kategori jenis baru. dan dalam artikel ini kita disini hanya akan membahas mengenai kenari impor dari beberapa jenis yang kita kenal dan cukup populer di kalangan penggemar burung kicauan. 
KENARI YORKSHIRE
Jenis kenari ini cukup populer di kalangan kenari mania, selain karena bentuk tubuhnya yang unik ( seperti wortel terbalik makanya sering juga disebut kenari wortel ) juga suaranya yang lumayan sangat kencang dari kenari lokal dan sangat bervariasi. 
Kenari yorkshire dikembangan sekitar pertengahan tahun 1800 dan mendapat julukan " The guardsman" dan juga " The Gentleman of the Fancy" . 
Kenari ini  merupakan salah satu ras yang terbesar dan tertua dari jenis jenis kanri lainnya. termasuk kedalam kenari tipe ( type Canary ), lebih populer dikembang biakan untuk penampilan fisiknya dan bukan suara nyanyiannya. Kenari ini merupakan hasil persilangan dari kenari lokal ( lokal disini artinya lokal dalam negara aslinya ^^ ) dengan kenari Lancashire, Norwich dan Kenari Belgia untuk mendapatkan kualitas dari panjang tubuh, warna yang baik, kualitas bulu bulu , mental dan karakter.
Karena kenari ini berukuran lebih besar dari jenis kenari lainnya maka diperlukan sangkar yang lebih luas dari ukuran sangkar untuk kenari.selain itu untuk kenari yorkshire jantan lebih baik ditempatkan secara terpidah dari kenari lainnya untuk menghormati daerah teritorial mereka (yang menurut mereka adalah wilayahnya) hal ini bisa berpengaruh terhadap mental dan karakter dari kenari jenis ini menjadi lebih baik.
Perawatan harian kenari ini agak berbeda dari kenari jenis lokal, dikarenakan kenari ini termasuk salah satu burung impor ( walaupun sekarang sudah banyak penangkar lokal yang berhasil menangkarkan burung ini) jadi makanannya pun harus diberikan prioritas, dalam hal ini diberi makanan yang sesuai dengan karakter burung tersebut. biasanya pemilik kenari ini akan memberikan makanan kenari impor atau meracik sendiri pakannya atau bisa juga memberikan makanan tambahan seperti CeDe dan buah-buahan yang terjamin kesegaran dan kualitasnya. 
KENARI WATERSLAGER
Kenari jenis ini terkenal karena alunan lagunya yang merdu seperti suara air terjun yang begemuruh dari besar ke kecil dengan alunan gemericik air mengalir, Sesuai dengan perkembangannya waterslager tidak hanya dimaster dengan suara air saja tetapi juga bisa dimaster dengan berbagai macam suara seperti suara dentingan logam, suara koin yang jatuh, suara lonceng/bell dsb. Proses pembentukan suara Waterslager hingga seperti sekarang ini konon memakan waktu hingga lebih dari 150 tahun dalam perkembangannya. 
Kenari waterslager juga dikenal sebagai kenari waterslager belgia, kenari penyanyi waterslager, kenari malinois dan penyanyi air. termasuk dalam jenis kenari pengicau yang sangat berharga dengan alunan lagunya yang seperti air mendidih.
Nyanyian kenari waterslager sangat berbeda dari jenis kenari lainnya. terdengar seprti alunan air dan kadang bisa juga berkicau seperti burung nightingale. dengan panjang suara yang bervariasi bisa panjang ataupun pendek.
Kenari waterslager berukuran sama seperti kenari lainnya dengan paruh yang lebih lancip dam tajam dari jenis kenari lainnya. ketika gembira burung ini akan menaikan bulu-bulu yang ada dibagian belakang kepalanya sehingga tampak seperti jambul.
Postur badan Waterslager senidir hampir menyerupai kenari holland biasa, mayoritas berwarna kuning walaupun sekarang sudah banyak kenari jenis ini yang masuk ke indonesia denganwarna putih atau kadang kuning/putih dan terdapat flek/garis hitam.
Kenari waterslager jarang yang berkicau dengan lantang atau keras karena kecenderungan membawakan lagu-lagu yang panjang jadi akan sangat ideal jika kenari ini ditempatkan dalam ruangan yang sunyi atau terpisah dari suara burung lainnya yang bersuara keras dan berisik. lebih mantap lagi jika digantang di taman dalam rumah dengan alunan air terjun buatan dan gemericik aliran air kolam ( nghayallll ^^ )

KENARI SPANISH TIMBRADO

Spanish Timbrado termasuk varietas baru dari jenis “song canary”, dikembangkan di Spanyol pada 1940-an dan 1950-an. Bentuk fisik burung ini menyerupai bentuk asli burung kenari alam karena memang merupakan persilangan antara kenari liar dengan burung finch kicauan Spanyol. Kombinasi dari mereka menghasilkan burung yang memiliki nyanyian yang sangat unik. Nama burung ini, seperti halnya suaranya, mengingatkan kita pada ketukan castanyet Spanyol. Meskipun keras, suara burung ini tidak terlalu berisik.
Meski dikenal dengan lagunya yang bagus, burung ini bisa dinikmati pula pada tampilan fisiknya yang cantik. Mereka dikembangbiakkan dari indukan dengan berbagai variasi warna dan memiliki nyanyian yang kristal. Kenari Spanish Timbrado yang baik harus memiliki keseimbangan antara kualitas suara dan variasi lagu. Burung ini memiliki standar suara yang berbeda dengan “song canary” lainnya seperti kenari Roller, American Singer, Russian Singer, maupun Waterslager.
KENARI LIZARD 
Kenari lizard termasuk salah satu keturunan kenari yang paling tua, pertama kali dikembang biakan pada tahun 1700-an. Dinamai demikian karena keindahan dari tanda-tanda: bintik bintik hitam berbentuk sabit yang menelusuri punggung dan dadanya menyerupai sisik kadal. kenari lizard hampir punah pada awal tahun 1900an karena kerusakan yang ditimbulkan akibat perang dunia kedua dan wabah penyakit. kemudian asosiasi kenari lizard dari britania raya (inggris) memulai program penangkaran untuk menyelamatkan kenari jenis ini dari kepunahan. Kenari lizard terdiri dari empat warna : Gold Lizard, Silver lizard, Blue lizard dan Red lizard.
Kenari lizard termasuk populer dan termasuk jenis burung yang mudah ditangkarkan, pola skala karakter yang disebut "spangling" adalah aspek yang paling penting ketika menampilkan burung ini. Kenari lizard juga memiliki 'topi' berwarna kuning diatas kepalanya. termasuk kedalam kenari tipe (type canary) yang artinya kenari jenis ini dikembang biakan untuk penapilan fisik mereka daripada suara ataupun warnanya.
 
KENARI GLOSTER
Rata rata kenari yang memiliki warna ataupun bentuk tubuh yang unik jarang mempunyai lagu yang bagus , tapi untuk jenis kenari gloster ini dikenal memiliki suara nyanyian yang bagus. Kenari gloster terbagi  kedalam dua jenis spesis yaitu CORONA yang memiliki Crest ( Jambul ) di kepalanya dan CONSORT yang tidak memiliki jambul di kepalanya. 
Kenari jenis ini sangat populer untuk ditangkarkan, dan patut dicatat bahwa mengawinkan kenari jenis gloster in lebih baik dengan memasangkan kenari Corona dengan Consort ataupun Consort dengan Consort untuk hasil yang lebih bagus. berikut ini adalah tabel persilangan dari kenari jenis gloster ini : 
  • Consort x Consort akan menghasilkan 100% anakan dengan kepala rata ( tidak berjambul / Consort )
  • Consort x Crested akan memproduksi 50% anakan dengan kepala rata ( Consort  ) dan 50% anakan jambul ( Crested ).
  • Crested x crested akan memproduksi 25& Anakan kepala rata ( Consort ) , 50% Jambul dan 25% kemungkinan anakannya akan mati jadi sangat tidak direkomendasikan.
KENARI STAFFORD


Kenari stafford  adalah kenari yang diproduksi di stafford inggris , kemunculan pertamanya pada tahun 1987 pada even British National Exhibition dan ditetapkannya kenari stafford sebagai kenari untuk penangkaran pada tahun 1990. Di Amerika sendiri pada pergelaran Pameran burung berkicau ( The National Cage Bird show ) mulai memasukan jenis stafford kedalam salah satu bagian dari pameran burungnya pada tahun 1992. Pada awalnya hanya mempertunjukan burung kenari yang memiliki jambul saja dan sekarang baik kenari jambul ataupun tidak berjambul juga banyak dipertunjukan dalam pameran tersebut.
Staffor adalah jenis kenari dengan warna dasar merah mawar. Jenis ini adalah jenis kenari warna tetapi tidak semua kenari yang berwarna merah dan memiliki jambul adalah kenari stafford, ada juga silangan antara kenari gloster dengan kenari red factor.

KENARI RED FACTOR


Kenari red factor adalah kenari produk silangan yang menghasilkan warna merah pada setiap helai bulu bulunya. kenari jenis ini pertama kalinya dikembangkan oleh Dr. Hans Duncker ( seorang penangkar kenari dari jerman ) pada awal awal tahun 1900an dengan menyilangkan jantan 'red siskin' dengan kenari kuning. ada juga yang mengatakan bahwa kenari kuning yang digunakan adalah jenis kenari 'German Roller' sementara yang lainnya percaya bahwakenari kuning tersebut adalah jenis dari ' Border Canary'. Dalam perawatannya kenari ini membutuhkan makanan yang mengandung beta carotene tinggi untuk menjaga kualitas warnanya, pemberian makanan yang mengandung beta carotene ini diberikan hanya pada saat akan tumbuh bulu baru dan biasanya terjadi pada waktu burung sedang mengalami masa mabung. sekarang ini banyak juga dijual bahan makanan yang mengandung bahan kimia untuk menjaga warnanya akan tetapi jika berlebihan dan terlalu sering digunakan bisa membahayakan dan malah menimbulkan penyakit.


KENARI BELGIA (BELGIAN FANCY CANARY)


Kenari belgia ini tidak hanya merupakan salah satu jenis keturunan kenari yang paling tua tetapi juga salah satu yang paling khas dan sangat berpengaruh.
Belgian Fancy Canay adalah jenis yang paling penting dalam perkembangan sejarah dari beberapa varietas kenari populer sekarang ini. pengaruh yang paling utama adalah dalam pengembangan "frilled" dan "posisi" dalam setiap jenis keturunan. sebagai kenari tipe jenis ini dikembang biakan untuk bentuk dan ukuran fisiknya saja dibandingkan lagunya. jenis ini kerap disebut kenari postur karena bentuk dan fisik dari kenari ini menyerupai bulan sabit, burung jenis lain yang sama yang juga dikembang biakan adalah Kenari Scotch Fancy dan Italicus Gibber italia. kenari fancy belgia butuh memrlukan cukup banyak latihan untuk bisa dipertunjukan dengan baik, kenari bertubuh kurus dengan bentuk panjang ini kerap dilatih untuk bisa berdiri dengan posisi membungkuk .


KENARI BORDER

 Apa kesan pertama begitu melihat kenari jenis border ini, tentulah pikiran kita akan teringat pada karakter kartun animasi anak anak  "Tweety" !
Kenari Border adalah jenis burung yang paling populer sekarang ini, sebagai kenari tipe kenari jenis ini dikembang biakan untuk penampilan fisik dibanding lagunya, setelah sempat dijuluki "Wee Gem" karena ukurannya yang kecil dengan penampilan yang sedikit chubby dengan bulu yang sangat mengkilap, meskipun kebanyakan berwarna kuning akan tetapi ada juga yang memiliki warna lannya. Informasi mengenai latar belakang kenari ini masih sangat sedikit jumlahnya, selain dikatakan telah berkembang dengan pesat diakhir 1700an atau awal 1800an dari kenari yang biasa di sepanjang perbatasan utara inggris dan skotlandia. Namanya sendiri diadopsi tahun 1889 di langholm sebuah kota yang dekat dengan perbatasan skotlandia dan inggris dan semenjak itu pembentukan klub kenari border ini diresmikan pada 5 juni 1890.


KENARI JAMBUL (CRESTED CANARY)
 
Kenari Crested (jambul) awalnya dikenal sebagai 'Turncrown (putaran mahkota)" adalah salah satu kenari tertua yang masih ada. kenari jenis ini juga memiliki sejarah yang stabil dikarenakan fluktuasi baik dari popularitas maupun pengembangan varietas kenar ijambul lainnya. Kenari jambul ini mungkin adalah kenari yang paling populer diakhir tahun 1800an dan digambarkan sebagai "The King of Fancy", dan imbas dari kepopuleran tersebut membuat kenari ini menjadi salah satu kenari yang paling mahal harganya dan hanya dimiliki oleh orang orang yang sangat kaya pada jamannya.
Kenari jambul adalah kenari tipe dikembang biakan untuk penampilan fisik daripada warna atau suaranya, ciri khasnya memiliki jambul pada bagian atas kepalanya ,kenari sejenis yang populer diantaranya adalah kenari gloster, kenari stafford jambul, kenari norwich jambul dan kenari lancashire.


KENARI NORTHERN DUTCH FRILLED


Kenari Northern Dutch Frilled yang cantik ini sering disamakan dengan kenari Parisian Frilled yang membedakan adalah ukurannya saja yang berbeda. meskipun mirip dengan ras parisian frilled dengan pola bulu yang panjang berurai sementara bulu pada kenari ini lebih berjumbai dan kurang padat dengan ikal kecil dan hanya meliputi setengah bagian saja dari tubuhnya.
Kenari ini adalah kenari tipe, dikembang biakan untuk penampilan fisik daripada warna ataupun lagunya.
Ada ragam varietas dari kenari berjumbai ini termasuk diantaranya : French Frill, Fiorina Frill, Milanese Frill, Gibber italicua, Giboso Espanol, japanese Frill,Parisian Frill, Southern Dutch Frill, Munich Frill, Scotch Fancy Frill, Swiss Frill, Roebekian Frill, Hunchback Frill, Brazillian Frill dan beberapa dari jenis kenari jambul seperti Padovan Frill dan Florin Frill.


KENARI ROLLER 

sebuah survey di negara negara eropa menyebutkan bahwa salah satu kenari jenis penyanyi yang paling populer adalah kenari roller .
Kenari Roller atau biasa disebut kenari roller jerman atau The hartz mountain roller canary adalah kenari yang paling dihargai selama ratusan tahun karena keindahan lagunya. tidak hanya memiliki lagu yang bagus tetapi juga memiliki kemampuan meniru yang cukup baik dibanding kenari lainnya.  dari jaman dulu kenari jantan muda yang baru melewati masa mabung pertamanya di gantung didekat kenari jantan dewasa yang memiliki lagu yang sempurna dan variasi dengan tujuan pemasteran, kenari muda akan belajar dan menirukan lagu yang berulang kali dinyanyikan oleh kenari dewasa tersebut, dewasa ini pemasteran lebih banyak dilakukan dengan menggunakan media rekaman.
Kenari Roller adalah salah satu yang terkenal dari beberapa jenis kenari penyanyi, yang banyak dikembang biakan untuk lagunya daripada warna atuapun penampilan fisiknya, kenari penyanyi ini termasuk kenari waterslager, russian singer, american singer dan spanish timbrado.
 
Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved