Burung Gelatik Wingko

Umum
Burung glatik wingko (Parus cinereous ) atau dikenal dengan Great Tit dalam bahasa inggris adalah burung berukuran kecil  yang bukan hanya dikenal sebagai burung masteran namun juga cukup terkenal sebagai burung lomba. Buktinya adalah burung ini sudah mulai sering diperlombakan di berbagai sejumlah event lomba burung berkicau.
Burung glatik wingko jika berkicau akan mengeluarkan suara kicauan yang nyerecet panjang dengan tarikan nafas yang kuat. Dengan karakter suara yang seperti ini burung ini mulai banyak diburu oleh para penggemar burung kicau baik untuk koleksi di rumah ataupun sebagai masteran.
Pemeliharaan burung glatik wingko cukup mudah dan bisa dirawat di rumah.  Burung ini tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengeluarkan bunyi bila dibandingkan dengan jenis burung berkicau lain karena burung ini mudah beradaptasi dengan lingkungannya yang baru.
Suara burung glatik wingko yang merdu juga memiliki berbagai variasi suara seperti burung lain misalnya burung gereja.
Burung glatik wingko sangat cocok untuk dijadikan sebagai burung master, terutama untuk jenis burung kenari.
Hingga saat ini burung glatik wingko semakin sulit ditemukan. Penyebabnya adalah areal persawahan  yang menyusut, ekosistem yang semakin rusak, serta perburuan dan penangkapan besar-besaran di alam bebas.
Namun untungnya belakangan ini burung glatik wingko sudah ditangkarkan sehingga mengurangi upaya masyarakat yang berburu atau menangkap burung ini di alam liar.

Ciri-ciri
  • Memiliki ukuran tubuh yang kecil, yaitu sekitar 13 cm
  • Memiliki bulu yang didominasi oleh warna hitam, putih dan abu-abu
  • Memiliki kerongkongan dan kepala yang berwarna hitam
  • Pada sisi muka terdapat bercak berwarna putih
  • Memiliki ukuran paruh yang kecil dan berwarna hitam

Membedakan Jenis Kelamin
Penampilan fisik dari burung glatik wingko jantan dan betina hampir sama sehingga anda akan suit untuk membedakannya. Namun perbedaan yang yang mencolok pada jenis jantan dan betina adalah pada bagian mata, paruh, dan suara.
Burung glatik wingko jantan
  • Memiliki pangkal paruh yang cukup tebal
  • Paruh kecil runcing berwarna hitam
  • Memiliki mata yang cerah dan terlihat bersinar
  • Lebih sering berkicau dan memiliki suara kicauan yang lebih bervariasi dan bertenaga bila dibandingkan dengan jenis betina
Burung glatik wingko betina
  • Memiliki bentuk paruh yang lebih tipis
  • Paruh berwarna hitam namun dengan tidak terlalu pekat
  • Memiliki mata yang pudar
  • Memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil bila dibandingkan dengan jenis jantan
  • Memiliki suara kicauan yang monoton

Habitat
Burung glatik wingko bisa ditemukan berbagai negara di dunia dan di Indonesia, khususnya pulau Jawa dan Bali. Burung ini cenderung hidup di sawah, padang rumput, pekarangan, hutan pantai dan hutan mangrove di atas ketinggian 2.400 dpl .
Reproduksi
Burung glatik wingko membuat sarang di lobang pohon yang berlumut dan biasanya menempati sarang burung Takur bultok yang ditinggal kosong.
Masa perkawinan burung ini tejadi antara bulan April hingga Juni dimana sekali bertelur burung ini mampu bertelur sebanyak 3 atau 4 butir telur yang berwarna kemerahan.
Beternak
Beternak Burung glatik wingko bisa dibilang lebih mudah daripada beternak jenis burung ocehan yang lain. Prospek budidaya Burung glatik wingko saat ini cukup menjanjikan dikarenakan populasi burung glatik wingko yang semakin hari semakin langka.
Kunci utama dari keberhasilan budidaya burung Gelatik ini adalah ketekunan dan keseriusan. Beternak burung ini tidak terlalu menghabiskan biaya yang snagat banyak.
Disamping pakannya yang mudah, kandang yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar dan cukup mudah dibuat.

Harga
Burung glatik wingko memiliki kicauan suara yang merdu, namun walaupun begitu harga burung ini tidak terlalu mahal seperti burung berkicau lain.Burung glatik wingko yang masih muda biasanya dijual dengan harga kurang lebih Rp 100.000.
Sedangkan untuk burung glatik wingko yang sudah dewasa biasa dijual dengan harga sekitar Rp 500.000. Tentunya  burung glatik wingko yang sudah gacor bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi lagi, yaitu mencapai jutaan rupiah.

Cara Memilih Glatik Wingko
Jangan sampai salah memilih burung glatik wingko jika anda sedang berbelanja di pasar burung. Salah memilih hanya akan membuat anda merasa kecewa, apalagi harga burung glatik wingko juga tidak murah.
Sebaiknya pilih burung glatik wingko dengan patuk yang tidak terlalu tipis namun juga tidak terlalu tebal agar burung yang anda pilih adalah burung glatik wingko yang memiliki suara yang merdu dan memiliki tembakan cerecetan yang bisa terdengar dengan jelas.

Perawatan
Cara pemeliharaan dan perawatan burung glatik wingko tidak sulit. Anda bisa memberikan pakan yang terdiri dari biji-bijian atau voer dan bisa diberi variasi kroto.  Burung ini cukup aman bila digantung bersama jenis burung berkicau yang lain.

Sumber
Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved