Burung Tiker

Umum

Burung Tiker (Metopodius indicus) adalah sejenis burung yang hidup di air namun burung ini tidak memiliki kemampuan untuk berenang. Meski begitu burung yang memiliki nama lain ini ialah Picisan atau Anjing-anjingan ini memiliki kemampuan untuk berlari dan berjalan di atas tanaman yang mengapung di atas permukaan air.
Menjelang atau memasuki masa kawin, burung jantan dari burung tiker ini akan memamerkan bulu ekornya yang panjang dan indah untuk memikat hati burung tiker betina.

Ciri

Burung tiker memiliki kaki dengan bentuk yang ramping dan panjang, selain itu kuku pada jari-jari kaki burung tiker sangat panjang.
Bentuk kaki yang seperti ini sangat berguna sekali untuk menopang berat badannya di atas tanaman air dan sebagai alat keseimbangan agar tidak terjatuh.
Burun picisan ini memiliki bulu-bulu berwarna indah yang sangat mengagumkan. Bulu-bulu pada bagian badannya berwarna hijau tua, biru mengkilat, indah dan bersih.
Burung ini memiliki taji yang berwarna kuning pucat pada siku depan sayap yang berguna untuk alat pemegang untuk memindahkan anak-anak yang masih kecil atau telur.
Burung tiker ini terlihat sangat cantik dan menarik dengan perpaduan dan keserasian dari bulu-bulunya. Terlebih lagi bila sedang berada di atas bunga, daun, atau tanaman air.
Ciri-ciri fisik :
  • Kaki panjang dan ramping
  • Warna bulu pada badan didominasi dengan warna hijau tua dan biru
  • Memiliki ekor yang panjang dengan warna coklat kemerah-merahan
  • Memiliki sayap yang berwarna keputih-putihan dengan warna hitam pada ujungnya
  • Mempunyai taji yang berwarna kuning pucat pada siku depan sayap
  • Memiliki jengger dengan bentuk pipih rata yang berwarna merah keungu-unguan

Habitat

Jenis burung yang memiliki warna bulu yang sangat indah inibisa ditemukan di Pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, Indocina, Malaysia Barat, India, dan Cina Selatan.
Burung tiker hidup secara berpasangan tetapi tidak bergerombol. Burung ini suka hidup di daerah yang dekat dengan air seperti kolam, danau, tebat, dan tasik berair yang banyak ditumbuhi tanaman air seperti tanaman teratai.
Burung ini membuat sarangnya pada tanaman air yang mengambang di atas permukaan air.

Makanan

Burung ini memiliki cara kehidupan yang hampir sama dengan burung sepatu dimana makanan burung ini adalah serangga-serangga air dan larvanya, atau binatang-binatang kecil lainnya.

Sumber
Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved