Punglor Kembang Amerika – Hermit Trush


Sepertinya akan terdengar aneh jika mendengar ada Punglor Kembang Amerika karena ternyata di Amerika ada juga burung Punglor Kembang.
Di benua Amerika memang banyak terdapat keluarga Turdidae dengan berbagai jenis misalnya Catharus guttatus atau Hermit Trush yang merupakan sepupu dari Zoothera interpres atau Punglor Kembang yang ada di Indonesia.
Hermit Trush memiliki ukuran tubuh menengah dan banyak ditemukan di Amerika Utara. Meskpun ada cukup banyak spesies Catharus yang melakukan migrasi ke wilayah Amerika namun tidak ada  keterkaitan antar spesies.
Malahan Catharus guttatus ini justru lebih memiliki hubungan kerabat dengan Mexican Russet Nightingale-thrush keluarga Catharus dari Mexico.
Sebenarnya di Indonesia juga ada sebagian burung yang memiliki kemiripan dengan Hermit Trush hanya saja berbeda spesies, yaitu Zoothera andromeda (Punglor Macan) dan Zoothera andromeda (Punglor Kembang) yang memiliki kesamaan karakter suara yaitu sama-sama enak didengar dan merdu.
Sayangnya Hermit Trush ini, sepertinya bakalan tidak akan pernah masuk ke pasar burung di Indonesia, mengingat wilayah hidupnya yang sangat jauh.
Burung Hermit Trush mempunyai kemampuan berkicau (bernyanyi) yang sangat baik seperti jenis-jenis Anis (punglor) yang lainnya.
Suara kicauan burung ini sangat halus dan terdengar mirip dengan seruling. Salah satu keunikan dari burung hermit Trush adalah burung ini lebih sering berkicau pada malam hari.
Nada awalnya agak tinggi lalu turun beberapa fase nada dalam kunci minor setelah itu akan diulang dengan ngeroll (variasi yang berbeda-beda). Burung Hermit Trush biasanya berkicau di tempat yang terbuka dan tinggi.

Ciri
  • Memiliki ukuran tubuh sekitar 15 hingga 17 cm
  • Pada bagian di bawah sayap terdapat  warna putih agak gelap
  • Ada warna coklat pada bagian atas dan ekor kemerahan pada Catharus dewasa
  • Memiliki kaki yang berwarna pink
  • Terdapat cincin yang berwarna putih pada daerah sekitar mata
  • Burung Hermit Trush berwarna lebih zaitun-coklat pada bagian atas di daerah timur Amerika
  • Burung Hermit Trush berwarna lebih abu-abu kecoklatan di daerah barat.

Habitat
Burung Hermit Trush biasanya berkembang biak di hutan campuran di Alaska, Kanada,  bagian barat Amerika dan timur laut Amerika.
Sarang dari burung Hermit Trush memiliki bentuk yang terlihat seperti cangkir yang terletak di pohon yang rendah atau di dekat tanah.
Pada musim dingin burung Hermit Trush biasanya melakukan migrasi ke Amerika Serikat bagian selatan hingga sampai ke Amerika Tengah namun sebagian lain masih tetap bertahan di wilayah utara Amerika Serikat, tepatnya di selatan dan daerah pesisir negara Ontario.
Pada umumnya burung Hermit Trush berkembang biak di hutan, namun terkadang sarang burung ini juga sering ditemukan di taman kota.

Makanan
Makanan alami dari burung Hermit Trush adalah buah-buahan seperti buah berry, serangga dan cacing. Burung ini mencari cacing dengan cara mencari-carinya di bawah lapisan tanah yang gembur

Sumber
Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved