KAPAN DAN BERAPA LAMAKAH BURUNG KACER NGURAK/MABUNG....?

KAPAN DAN BERAPA LAMAKAH BURUNG KACER NGURAK/MABUNG...?


Masih banyak kicaumania yang bertanya, baik melalui komunitas burung maupun melalui komentar di KACER MANIA,mengenai kapan burung mengalami masa mabung (molting, ngurak) untuk pertama kalinya, dan berapa lama masa mabung itu berlangsung. Di sini saya tak akan membahas masalah perawatan kacer selama mabung, tetapi proses alami dan berapa lama waktu yang dibutuhkan burung selama pergantian bulu ini.
Sebelumnya akan saya jelaskan terlebih dulu bahwa burung yang sedang mengalami rontok bulu itu menggunakan total kalori dan nutrisi yang ada dalam tubuhnya untuk mengeluarkan bulu-bulu lama yang sudah rusak dan untuk menumbuhkan kembali bulu-bulu baru.
Jadi apabila ingin burung Anda lebih cepat melewati masa molting, jangan paksakan burung untuk berbunyi, apalagi banyak bergerak yang bisa membuang energi yang mestinya digunakan untuk menumbuhkan bulu barunya.
Istirahatkan dulu, sambil dibantu dengan pemberian vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan seperti BirdMolt-Pre atau BirdMolt-Post, serta disokong pemberian BirdVit. BM-Pre membantu proses mabung agar segera tuntas dan burung kembali fit, sedangkan BM-Post menormalkan kondisi burung sehabis mabung.
Berikut ini adalah proses alami mengenai usia dan berapa lama burung kacer akan mengalami masa mabungnya:
  • Untuk burung sejenis kacer (magpie robin), usia mabung pertama adalah ketika masih piyik hingga burung berusia 3 bulan. Itulah pergantian bulu dari bulu piyik ke bulu anakan (trotol). Biarkan saja proses ini berjalan secara alami.
  • Tiga bulan berikutnya, atau setelah berumur 6 bulan, burung akan kembali mengalami masa pergantian bulu dari bulu trotol ke bulu dewasa. Ini untuk menguatkan bulu-bulunya agar bisa digunakan untuk terbang dan mencari makan sendiri. Saya menyebut fase ini sebagai masa mabung pertama (dalam arti terjadi ketika ia sudah dewasa). Jadi, peralihan bulu dari piyik ke trotol tidak dianggap sebagai mabung yang sebenarnya.
  • Setelah itu, burung mengalami masa-masa normal di mana bulu-bulu mulai mengering. Hal ini biasanya berlangsung cukup lama, sekitar 6-8 bulan (tergantung perawatan). Pada masa seperti inilah burung biasanya turun ke arena lomba atau latber.
  • Namun setelah itu, sekitar umur 12-15 bulan, burung akan mengalami masa mabung kedua. Dia akan membuang bulu-bulunya yang kering dan sudah rusak, untuk digantikan dengan bulu-bulu yang baru (tindakan antisipasi, atau solusi jika proses mabung tindak tuntas, sama seperti pada mabung pertama).
  • Usai mabung kedua, burung bisa dikatakan sudah mapan. Di sinilah banyak burung berkelas yang dilombakan. Anda tidak usah khawatir setengah tahun lagi bakal mengalami mabung ketiga. Tidak! Mabung ketiga biasanya terjadi sekitar 2-3 tahun setelah mabung kedua.
Perlu dicatat, proses alami masa mabung seperti di atas biasanya terjadi pada burung-burung kacer dalam kondisi perawatan yang baik, khususnya perawatan saat mabung. Jadi, Anda pun perlu mengetahui soal nutrisi yang dibutuhkan burung saat mabung.


Secara umum, burung dewasa akan mengalami masa mabung setahun sekali. Prosesnya berlangsung seperti ini:
  • Kita anggap bulan ke-1 adalah masa di mana burung selesai mabung, semua bulunya sudah kencang, dan kondisinya sangat fit. Maka ia akan memasuki masa mabung lagi (tanda-tandanya antara lain bulu kecil mulai jatuh) pada bulan ke-7 dan/atau ke-8.
  • Pada bulan ke-8 dan/atau 9, bulu lama sudah rontok sampai habis sementara bulu baru sudah sekitar 50% tumbuh (sebagian besar masih berbentuk rebung).
  • Pada bulan ke-10 dan/atau ke-11, bulu baru sudah tumbuh secara maksimal.
  • Pada bulan ke-12, sudah memasuki proses pengencangan bulu, dan burung menuju ke kondisi fisik yang paling masksimal.
  • Pada bulan ke-13, atau bulan ke-1 tahun berikutnya, burung berada dalam top form dan siap dilombakan bagi yang menginginkan.
Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved