Burung Mandar

Umum

Burung Mandar  (Porphyrio porphyrio) atau biasa disebut sebagai burung Pelung merupakan burung yang hidup di air dan masih  satu suku dengan Ayam-ayaman dan Terkuak.
Walaupun masih satu suku, namun burung ini memiliki fisik yang lebih menarik daripada Ayam-ayaman atau burung Pelung karena burung ini memiliki bulu-bulu yang yang lebih elok.
Burung ini terlihat sangat indah karena memiliki warna-warna bulu yang mengkilat.

Ciri

  • Memiliki bulu yang berwarna biru agak kehijauan pada bagian dada.
  • Memiliki bulu yang berwarna putih pada bagian bawah ekor dekat pantat.
  • Memiliki paruh, kepala, dan kaki yang berwarna merah menyala.
  • Memiliki ukuran badan yang lebih besar daripada burung Terkuak.
  • Memiliki kaki yang berukuran panjang.
  • Memiliki paruh yang berukuran agak besar dan pendek.
  • Memiliki warna merah pada kepala sehingga mirip dengan jengger ayam.

Habitat

Burung Mandar bisa ditemukan di Eropa, Afrika, Pulau Samoa di Samudera pasifik dan Asia, termasuk Indonesia.
Di Indonesia burung Mandar bisa ditemukan di Pulau Sulawesi yang juga merupakan habitat dari burung jenis Terkuak dan Ayam-ayaman. Burung ini disebut dengan nama Dentunda oleh penduduk Sulawesi.
Burung ini cenderung memilih daerah yang dekat dengan tanah, sawah, danau-danau, atau rawa-rawa sebagai sarangnya sebagaimana burung jenis Terkuak atau Ayam-ayaman. Karena cenderung hidup di daerah yang berair atau rawa-rawa maka burung ini disebut dengan Ayam Rawa.
Burung Mandar membuat sarangnya di dekat tanah atau semak-semak. Binatang liar yang jarang dipelihara oleh manusia ini bisa berkembang biak dengan menetaskan telur-telurnya sebanyak belasan butir.
Hingga saat ini burung Mandar masih bisa dilihat keberadaannya di kebun binatang  Di kebun binatang ini anda tentunya akan bisa  melihat sifat, keanehan, kebiasaan dan keindahan dari jenis-jenis burung Mandar.

Makanan

Makanan alami dari burung Mandar adalah hewan serangga seperti serangga air dan larvanya ataupun hewan-hewan kecil lainnya. Selain itu burung Mandar juga suka makan jenis padi-padian dan tumbuh-tumbuhan air.


Sumber
Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved