Anis Hutan

Anis hutan alias ground thrush menurut orang Inggris, dikenal para ahli dengan nama ilmiah Zoothera andromeda. Burung ini berukuran agak besar, panjang sekitar 25 cm.

Warna bulu tubuh didominasi warna gelap. Tubuh bagian atas berenda abu-abu gelap disertai sisik hitam. Bagian muka dan kerongkongan berbintik hitam dan abu-abau agak putih. Bulu dada abu-abu biru terang berenda, terdapat sisik hitam. Iris mata cokelat. Paruh abu-abu. Kaki cokelat hitam. Ekor pendek.

Anis hutan termasuk burung pemalu. Ia suka bersembunyi diantara semak atau bagian hutan yang rindang. Penyebarannya di hutan terdapat di Sumatera, Jawa Barat, Bali, Lombok, Flores, Timor, Wetar dan Filipina.

Musim berbiak Oktober dan Februari di Jawa Barat. Umumnya bertelur 2-3 butir per musim. Warna cangkang kuning berbintik cokelat. Telur diletakkan di sarang berbentuk cawan dekat permukaan tanah di sekitar hutan primer. Bahan sarang terdiri dari lumut, akar, tangkai pakis yang dicampur dengan tanah liat dan dilapisi serat aren.
Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved