Perawatan Burung Berkicau


Untuk membuat burung peliharaan rajin berkicau, sehat, dan bulu-bulunya mengkilat, maka dapat dilakukan hal-hal sebagai berikut:
Pakan burung
Burung tangkaran banyak yang berasal dari alam, ataupun yang berasal dari anakan peternak.
Bagi burung yang merupakan tangkapan dari alam, biasanya mereka agak liar, sehingga pola makan mereka lebih cenderung ke extra fooding (makanan-makanan hidup), bagi burung yang telah jinak biasanya mereka mau memakan poer/voer. Poer/Voer banyak dijual di pasaran. Pilih saja berdasar rekomendasi teman yang sudah biasa memakainya.
Pagi hari
Kandang burung dikeluarkan ke teras rumah (diangin-anginkan). Akan lebih bagus jika digantung menghadap ke matahari terbit sambil membersihkan kandang dari fesenya kemudian berikan 2-3 ekor jangkrik yang sudah dibersihkan kakinya dan sayapnya ditambah kroto telur semut yang bersih sekitar 1 sendok teh. Kemudian mandikan Burung pada pukul 07.30.
Burung dapat disemprot air dengan menggunakan sprayer halus. Atau masukan wadah kecil yang diisi air bersih (dijual di kios juga). Apabila burungnya sudah terlatih, burung dapat dimasukan kekandang mandinya atau biasa disebut keramba mandi.
Setelah dibersihkan kandangnya dan dimandikan, kandang dan burungnya dapat dijemur di bawah matahari dari pukul 09.30 sampai dengan pukul 10.00. Semakin awal/pagi dijemut semakin baik. Tapi ingat, sebelum dijemur, diangin-anginkan dulu agar air kering dulu. Kalau kondisi basah langsung dijemur, bulu burung bisa keriting.

Setelah jemur cukup, angkat kandang burung dan gantung pada tempat yang teduh serta jauh dari aktivitas manusia agar burung tersebut bernyanyi/ berkicau.
Sore Hari (sekitar pukul 16.00)
Lakukan sama seperti perawatan pagi hari. Burung diberikan makanan tambahan, dimandikan kemudian diangin-anginkan dan dijemur kembali.
Malam hari
Masukan kandang burung ke tempat yang tenang atau jika digantung di luar rumah (teras), kandang harus dikerudung dengan kain agar burung tidak digigit nyamuk.
 
PERHATIAN:

Pastikan burung mendapatkan asupan nutrisi yang baik. Anda bisa memberikan asupan vitamin dan mineral yang sudah teruji kualitasnya. Misalnya adalah BirdVit dan BirdMineral produk Om Kicau seminggu dua kali.

Selamat berhobi burung.

Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved