Branjangan

Burung Branjangan atau dengan nama lain Mirafra Javanica adalah burung dari bangsa Passeriformes dari famili Alaudidae yang terkenal dapat bernyanyi dengan indahnya. Kepiawaiannya dalam meniru suara burung lain meskipun sesungguhnya suara alasan (lagu aseli burung itu di alam) hanya terdiri dari tiga potongan lagu utama, yakni “tit” “cek” atau “cik” dan “tir”. Serta gaya bertarungnya dengan cara mengepakan sayap (ngeper) semakin menambah kesukaan orang untuk memelihara burung ini. Keistimewaan Branjangan yang tidak dimiliki burung lain adalah kemampuannya berkicau sembari hovering (terbang di tempat). Di alam bebas, Branjangan sering bernyanyi di atas kabel telpon atau batu atau pucuk pohon yang tinggi dan sesekali akan berkicau dengan pola seperti helikopter (hovering) untuk menunjukan daerah kekuasaan atau untuk menarik betinanya. Branjangan merupakan burung persawahan/ladang yang suka hidup di area terbuka berumput atau semak-semak yang tidak terlalu rimbun.

Perawatan Branjangan yang relatif mudah membuat burung ini semakin diburu. Beberapa pelomba burung bahkan menjadikan burung ini menjadi burung “wajib” untuk master burung lombanya. Karakter suara Branjangan yang miji-miji akan memudahkan burung maskot mengadopsi suara Branjangan. Branjangan yang sudah dapat memaster burung prenjak, ciblek, gereja tarung, cucak jenggot, love bird dan juga burung lainnya selain itu burung branjangan yang bermental baik akan memiliki harga yang cukup tinggi. 
Jenis jenis branjangan
Jenis branjangan yang banyak diminati oleh penggemar burung kicauan di sini adalah burung yang berasal dari daerah Sapan Jawa Barat. Burung ini dikenal dengan suaranya yang melengking serta mengkristal dan juga jambulnya yang patent. Burung branjangan asal daerah ini sering disebut dengan branjangan jabar atau branjangan sapan.
Jenis- jenis lain diantaranya dari Jawa Tengah atau yang sering disebut dengan branjangan Sri kayangan, memiliki corak batik dan warna yang menarik serta badannya yang besar. satu lagi branjangan dari nusa tenggara barat dan sumbawa, branjangan jenis ini banyak kita jumpai di pasar-pasar burung, suara burung ini lebih bervariatif bila sudah rajin berkicau, namun dari segi mental burung branjangan asal daerah ini kurang begitu bagus, badannya yang kecil membuat suaranya semakin tertutupi oleh suara burung lain.

Sedangkan untuk tips bagaimana memilih dan merawat burung branjangan bahan bisa anda buka kembali disini
Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved