Macam-macam jenis burung kenari

Macam-macam jenis burung merpati
Burung kenari memang cantik jika dijadikan sebagai teman di rumah kita. Kicauannya yang terus menerus tanpa henti seakan membuat rumah menjadi tidak lagi sepi.

Ada banyak jenis kenari di dunia. Warnan dari burung yang bernama latin Serinus canaria ini juga bermacam-macam, mulai dari kuning, hijau, merah dan lain-lain.

Kenapa burung ini disebut kenari, karena burung dari kelas finch yang arti nama latinnya "Kepulauan Canary". pulau 'Nama ini berasal dari nama latin insulae canariae ("pulau anjing") yang digunakan oleh Arnobius , mengacu pada anjing besar yang disimpan oleh penduduk pulau-pulau. [7] Sebuah legenda dari pulau-pulau, bagaimanapun, menyatakan bahwa adalah conquistador yang bernama pulau-pulau setelah suku sengit mendiami pulau terbesar dari kelompok, yang dikenal sebagai 'Canarii'. Warna kuning kenari pada gilirannya dinamai kuning kenari domestik , yang dihasilkan oleh mutasi yang menekan melanins dari liar kusam-kehijauan warna kenari asli. (http://en.wikipedia.org)

Jenis Kenari

Ada banyak jenis kenari yang ada sekarang ini, seperti:

1. KENARI NORWICH
Pertama kali burung ini di pelihara yaitu oleh penenun-penenun bangsa Flam yang melarikan diri ke Inggris karena menghindari pembantaian oleh bangsa spanyol dan akhirnya menetap di Norwich, Inggris. Ciri-ciri dari kenari Norwich ini adalah kumpulan bulu yang tebal dan bentuk yang serba bulat. Cir lainnya yaitu bentuk dada yang pidang, punggung pendek lebar, dan sayapnya yang pendek. Dari jenis ini, yang paling banyak di temui adalah yang berwarna hijau dan jarang yang berwarna putih.

2. KENARY YORKSHIRE
Kenari yang merupakan hasil silangan kenari lanchire dan kenari belgia ini di gambarkan sebagai wortel yang terbalik karena bentuk badanya yang hampir serupa wortel yang di balik. Kenari yorkshire selalu berdiri tegak dan mempunyai kaki yang panjang. Panjang burung ini sekitar 16 cm dan dalam perlombaan, burung ini dinilai dari sisi keindahannya.

3. KENARI BORDER
Kenari yang cukup populer ini berasal dari cumberland fancy dan juga terdapat di negara perbatasan (border) antara Inggris dan Skotlandia. Serba bulat dari tubuhnya menjadi ciri khas dan menjadi penentuan dalam lomba.

4. KENARI GLOSTER
Jenis yang selalu di usahakan dalam ukuran yang kecil ini mempunyai panjang tubuh tidak lebih dari 11 cm. Dalam arena perlombaan, panjang tubuhnya tidak boleh lebih dari 11 cm. Ciri dari burung ini adalah bulunya yang berwarna kuning dengan bagian sayap putih atau kehijau-hijauan, begitupun juga ekornya. Jenis yang mempunyai jambul di namai gloster corona dan yang tidak mempunyai jambul dinamai gloster consort.

5. KENARI ROLLER
Kenari yang mempunyai penggemar paling banyak ini merupakan keturunan jenis kenari jerman yang di ternakkan secara besar-besaran di wilayah Pegunungan hartz.
Ada banyak jenis lainnya yang kalau saya sempat akan saya tulis disini. Biasanya, saat lomba, kenari ini di taruh dalam sangkar kayu yang di pasang tirai di bagian depannya. Jadi, burung ini harus di latih bisa segera bunyi saat tirai di buka. Nyanyian kenari roller di hasilkan oleh pemberian pakan yang benar-benar dijaga kualitasnya.

6. KENARI CREST
Jenis ini merupakan jenis yang tertua karena mulai di kenal sekitar tahun 1950-an yang awal mulanya di kenal dengan nama turn-crown yang selanjutnya di kenal sebagai king of the fancy atau raja fantasi. Dalam jenis ini ada dua jenis, pertama yaitu jenis yang mempunyai jambul dan yang kedua tidak mempunyaijambul. Yang mempunyai jambul tubuh dan kepalanya lebih besar, serta leher yang besar dan pendek. Yang menarik dari jenis ini adalah jambulnya yang mengembang dari tengah-tengah kepala sampai ke paruh hingga hampir menutupi matanya. Dalam perlombaan, kesempurnaan bentuk jambul menjadi prioritas penilaian yang harus memiliki bentuk sempurna, luas dan tebal dengan bulu yang tebal dan lembut.

7. KENARI FRILL
Salah satu kenari dengan bulu yang unik ini mempunyai bulu yang terdiri dari tiga bagian yaitu mantle, jabot dan fin. Mantle atau jas yaitu bulu-bulu bagian punggung yang membelah di punggung dan jatuh secara simetris. Sedangkan jabot adalah bulu di dadanya yang berombak dan menggulung ke dalam sehingga berbentuk suatu kerutan yang menutup. Lalu fin yaitu bulu-bulu yang panjang yang berjumpai dari paha dan bergerak ke atas di sekeliling sayap. Jika mempunyai bulu sempurna, kenari frill menjadi kenari yang indah, tapi sebaliknya, jika mempunyai bulu yang buruk akan terlihat ganjil dan aneh karena bentuk bulunya tersebut.

8. KENARI BELGIA
Ada lagi yaitu jenis kenari belgia yang sudah di ternakkan sejak dahulu. Jika dalam perlombaan, jenis ini dinilai dari bentuk dan kedudukanya. Ciri dari jenis ini adalah bentuk kepalanya yang kecil seperti kepala ular. Kenari ini sulit di ternakkan dan umumnya telurnya di tetaskan oleh induk jenis kenari yang lainnya.
Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved