Cegah Puyuh Stress

 http://1.bp.blogspot.com/-oEhnmsJ6dEk/UGkZtdfNXCI/AAAAAAAAAAU/4YepLJw-Igg/s1600/2711puyuh.jpg

Salah satu faktor yang menimbulkan kerugian dari berkurangnya produksi telur puyuh adalah stress. Stress dapat diakibatkan oleh pergantian cuaca yang ekstrem, misalnya pergantian cuaca dari musim hujan ke musim kemarau atau sebaliknya.

 
Penyebab lainnya lingkungan kandang yang kurang tenang. Selain itu, stress juga dapat dipicu oleh pergantian ransum, air minum yang tercemar, atau kondisi kandang yang tidak layak.
Salah satu cara untuk menghindari stress yakni harus mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu, kemudian dieliminir. 

Penempatan kandang yang jauh dari pemukinan dan membuat sumur sendiri adalah salah satu cara yang dapat dilakukan.Mencegah puyuh stres juga dapat dibantu dengan obat anti stres untuk unggas seperti pada ayam,yang dapat dibeli di poultry shop.

Tindakan pencegahan penyakit merupakan langkah yang bijak untuk menghindari puyuh terjangkit dari penyakit dan tindakan yang paling sederhana dan murah, bila dibandingkan biaya untuk pengobatan suatu penyakit yang belum tentu dapat menyembuhkan secara tepat dan cepat.

Bahkan akan lebih fatal lagi apabila penyakit tersebut dapat menular ke ternak yang lain dalam kelompoknya.Bila hal ini terjadi maka akan menurunkan produktivitas dan pada akhirnya peternak harus menanggung kerugian yang tidak sedikit dan akan mematikan usaha sendiri
Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved