Mengenal kepodang dan perawatannya

Jika masih banyak burung kepodang berkeliaran di hutan hutan tentu kita sampai saat ini masih bisa mendengar alunan kicauannya yang membahana dan menggema ke seluruh penjuru karena burung ini terkenal dengan suara alunan kicauannya yang merdu dan keras. 
dari beberapa jenis burung kepodang yang ada di indonesia ini ada beberapa yang perlu kita ketahui seperti : 


Berbagai jenis burung kepodang 
1. Kepodang Emas ( yang merupakan maskot jawa tengah)
2. Kepodang Batu
3. Kepodang Kapur. 

Dari ketiga jenis kepodang tersebut, yang paling banyak dicari adalah burung kepodang emas yang memiliki ciri ciri antara lain: 
  • Ukuran tubuh yang lebih besar dari burung kepodang jenis lainnya
  • Warna kuning yang cerah dan tidak terlalu kusam atau tua.
  • Warna paruh yang putih atau kuning gading
  • Mata kemerahan

Suara burung kepodang emas ini terdengar paling kencang diantara kepodang yang lainnya. dan jika kita merawatnya dari masih muda atau piyikan bukan tidak mungkin burung ini bisa menirukan suara burung lainnya meski hanya beberapa saja. 

Bentuk Fisik Kepodang Batu dan Kepodang Kapur secara sepintas hampir mirip, hanya saja dari habitatnya yang berbeda kepodang kapur banyak ditemukan di daerah pegunungan atau perbukitan sementara kepodang batu lebih cenderung menyukai wilayah pesisir atau dataran rendah.
Ukuran tubuh lebih kecil dari kepodang emas, dengan paruh yang berwarna kehitaman atau warna putih kehitaman, bulu sayapnya pun ada yang berwarna hitam pekat. suara terdengar lebih berisik meski tidak sekeras kepodang emas, kelebihannya adalah kepodang kapur dan kepodang batu ini lebih mudah beradaptasi dengan kondisi cuaca atau lingkungan yang baru dibanding kepodang emas.

Makanan 

Selain Voer yang merupakan pakan utama sehari harinya , burung kepodang wajib diberikan buah-buahan yang kaya nutrisi dengan pemberian yang diselang-seling setiap harinya, misalnya Pisang- Apel-Pepaya-Jambu biji, dll . ada bebrapa burung kepodang yang menyukai jangkrik atau serangga tetapi ada juga yang tidak begitu suka dengan serangga, tetapi hal tersebut tidak menjadi masalah selama burung tersebut mau memakan buah-buahan yang merupakan makanan alaminya. 
Agar burung kepodang bisa berbunyi dengan rajin maka kunci utama dari perawatan tersebut adalah kebersihan kandang dan air minumnya, jagalah kebersihan kandang setiap harinya juga air minum yang harus selalu diperiksa setiap waktu karena burung yang makan lebih banyak buah-buahan cenderung lebih cepat mengotori air minumnya. 
Pemberian Mandi tergantung dari karakter burungnya ada yang senang disemprot dengan sprayer ada juga yang senang mandi dalam bak mandinya. 


Satu hal yang layak menjadi pertimbangan bagi kicau mania bahwa kepodang emas merupakan burung yang termasuk satwa yang dilindungi karena hampir punah di habitatnya sehingga keberadaannya pun sudah sangat jarang ditemukan di hutan-hutan di pulau jawa. adapun beberapa penyebab menghilangnya burung kepodang di habitatnya antara lain adalah karena perburuan liar dengan senapan angin, penangkapan yang berlebihan, serta adanya tradisi masyarakat terdahulu yang menggunakan burung kepodang ini sebagai salah satu media dalam upacara ritual serta belum adanya usaha penangkaran burun kepodang yang konsisten. 
Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved