CIRI'' PRENJAK JANTAN

CIRI-CIRI PRENJAK KEPALA MERAH 

PRENJAK KEPALA MERAH- Burung prenjak kepala merah memang berbeda dengan saudaranya prenjak luhur. untuk ciri-cirinya memang keduanya hampir sama atau agak sulit dibedakan, tetapi jika kita perhatikan dengan seksama perbedaan itu akanlah nampak dan jaga  kedua burung ini merupakan satu keluaga yaitu prinia.




prenjak kepala merah


Perbedaan prenjak kepala merah dengan pernjak lumut  untuk jantan dan betinanya hampir sama, yaitu ciri yang palaing mencolok yaitu satu helai ekor panjang.

Untuk prenjak kepala merah jantan terdapat 2 bulu ekor tengah yang lebih panjang, dan untuk bulu dadanya prenjak kepala merah memiliki bulu dada agak hitam atau gelap, sedangkan untuk yang betinanya wana bulu dadanya cenderung lebih terang.
Dan untuk yang anakan dapat dibedakan dari warna kepalanya, untuk yang jantan warna kepala jauh lebih merah dari pada prenjak betina yang lebih pudar warna merahnya.  bentuk ekor untuk yang jantan ekornya lebih cenderung membulat atau mekar sedangkan yang betina lebih menguncup.

Untuk masalah ocehan, prenjak kepala merah lebih punya variatif suara daripada prenjak lumut, dan prenjak kepala merah akan saling sahut-menyahut dengan sang betinanya.

untuk segi perawatan prenjak kepala merah lebih mudah beradaptasi dan mudah dipelihara dari pada saudaranya prenjak lumut

prenjak kepala merah

prenjak lumut (hampir sama)

prenjak lumut

Dan yang membuat saya terheran-heran dengan burung yang kecil ini bukanlah dari kicauannya. melainkan dari sangkar burung yang satu ini. perbedaan yang membuat sangkar prenjak istimewa adalah sarangnya. kalau burung lain membuat sarang dari ranting atau daun kering yang dibentuk melingkar, tetapi untuk prenjak tidak demikian, si burung yang satu ini membuat sangkarnya dari daun pohon yang dibuat melingkar dan dimasukkan ranting-ranting kering di dalamnya yang membuatnya sangat indah. subhanallah
sangkar burung prenjak
Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved