Kandang penangkaran burung anis

Dalam pembuatan kandang penagkaran hal-hal yang perlu diperhatikan adalah penyiapan sarana kandang, seperti sarang, wadah pakan dan minum, serta tenggeran.

Ukuran kandang penagkaran, lebar 45 cm, panjang 250 cm serta tinggi 160 cm. Desain kandang sebaiknya 40 % tertutup melindungi sarang, wadah pakan, dan wadah minum. dinding kandang biasanya terbuat dari kawat yang memiliki ukuran 1 mm2.

Lantai kandang sebaiknya dibuat agar selalu basah atau becek. Bahan penyusung lantai kandang terdiri dari kotoran kambong, pasir dan sedikit sekam. Dipilihnya kotoran kambing karena bahan ini merupakan media lingkungan yang mudah di hidupi cacing. Selainitu,  kotoran kambing tidak gampang memadat sehingga akan memudahkan burung mengorek dan mengais cacing yang ada di lantai kandang, terutama bila lantai kandang tampak mengering. 

Sedang untuk mencukupi persediaan cacing secara berkala dapat ditambahkan cacing ke lantai kandang. Di dalam kandang sebaiknya disediakan kolam kecil dan tumbuh-tumbuhan/dahan kering. Seperti bogenvil, beringin, asam atau jambu air. Dahan itu digunakan untuktempayt hinggap, berjemur serta menempatkan sarang.
Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved