JENIS CIBLEK

Jenis - Jenis Burung Ciblek


BURUNG CIBLEK -  burung kecil dengan suara yang khas ini memang banyak diririk pecinta burung  hanya untuk  sekedar buat masteran ataupun untuk perlombaan. kenapa khas? ya karena burung kecil ini hanya mempunyai satu nada saja yang terus berulang- ulang. akan lebih menarik lagi bila kicauannya pada saat nada tinggi dan dalam waktu yang cukup lama.


tidak jarang juga burung ciblek diikutkan dalam perlombaan. ciblek dengan mutu yang bagus bila  volumenya suaranya besar, keras, tajam, cepat dan tebal. dan bila dilihat paruhnya ciblek yang bagus mempunyai paruh yang tidak terlalu tebal dan panjang. berbeda dengan ciblek dengan paruh yang pendek, ciblek dengan paruh pendek biasanya suarannya lebih terdengar kecil dan tidak terlalu tegas

Dan untuk jenisnya sendiri burung ciblek mempunyai dua sub species yaitu:

1.Jenis Prinia familiaris familiaris (ciblek jawa)
perbedaannya dengan jenis yang lainnya adalah warna bulunya yang lebih gelap, garis putih pada bagian sayapnya yang lebih banyak atau lebar. ukuran tubuhnya juga lebih besar dengan dada bidang. ciblek jantan jenis ini mempunyai suara tebal, keras dan panjang dengan tambahan suara critcritan

burung- ciblek Prinia familiaris familiaris





2. Jenis kedua adalah jenis Prinia familiaris olivaces, 
warna bulunya jika dibandingkan dengan Prinia familiaris familiaris mempunyai warna agak terang dan muda. garis putih bagian sayap agak pendek dan kecil dan biasanya ukuran tubuh lebih kecil dan dada tidak terlalu bidang. untuk suaranya ciblek jantan jenis ini vokal suaranya tidak membentuk, sehingga suaranya agak terdengar samar.

jiblek Prinia familiaris familiaris

ciblek -  Prinia familiaris olivaces


untuk habitatnya burung ciblek masih sering di jumpai di sekitar kita, mulai dari sawah , ladang, dan pohon pohon. itu karena ciblek merupakan burung pemakan serangga seperti ulat, jangkrik telur semut dll. sehingga mereka suka mencari di daerah seperti itu.
Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved