Budidaya Burung Parkit

Budidaya Burung Parkit memang saat ini lagi banyak dicari oleh banyak orang pecinta burung. Sebelum Anda beternak burung parkit, sebaiknya Anda mesti tahu bahwa burung parkit adalah burung yang suka hidup berkoloni dan sangat mudah untuk menyesuaikan diri pada lingkungan (kandang). Untuk membedakan burung parkit jantan dan betina sangatlah mudah, Anda tinggal melihat hidung si burung parkit tersebut, jika warna dari hidung burung parkit tersebut kebiru-biruan dan posturnya agak sedikit besar itu pasti burung parkit jantan, dan sedangkan untuk burung parkit betina sebaliknya.

Cara ternak burung parkit

   Cara perawatan burung parkit ini tidaklah begitu sulit, kadang yang dibutuhkan tidaklah terlalu besar, yaitu 40x40x60 cm sudah cukup untuk Anda melakukan penangkaran burung parkit kesayangan Anda. Berikut kami berikan sedikit tips cara ternak burung parkit meliputi pemeliharaan burung parkit itu sendiri.

Tips Cara Pemeliharaan Burung Parkit

  • Usahakan memilih induk yang berbeda warna
  • Jaga ketersedian pakan dan minum. Usahan dalam kondisi bersih, Makanan utama burung ini adalah millet.
  • Sesuaikan besarnya kandang dengan jumlah pasangan burung parkit agar tidak terlalu padat sehingga berakibat kurang baik bagi kesehatan burung termasuk merusak dari segi menikmatinya. ‘Rumah pribadi’ yang umumnya terbuat dari kayu randu berbentuk kotak menjadi syarat bagi setiap pasangan burung parkit.
  • Buang makanan yang mulai busuk karena kelebihan dalam pemberian pakan terutama sayuran seperti tauge, jagung atau yang lainnya.
  • Persiapkan pula kandang cadangan untuk hasil perkembangbiakan apabila pasangan burung sudah mulai produksi.
  • Pilih burung parkit yang kelihatannya sudah cocok dengan pasangannya karena akan lebih mudah untuk ditangkarkan.
Semoga artikel diatas tentang cara ternak burung parkit dapat bermanfaaat dan semoga sukses.
Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved