Cara menjinakan burung kacer(Lengkap)

Cara menjinakan burung kacer(Lengkap)

bicara-burung kali ini akan berbagi sedikit tips bagaimana menjinakkan burung kacer. Mungkin sobat kicau juga mengalami hal ini. Dimana, burung kacer sobat ngeruji atau giras. Kalau didekati manusia tidak bisa diam. Cara menjinakkan burung kacer sendiri sudah pernah saya posting diblog ini cara menjinakan burrung kacer namun sepertinya kurang lengkap.
Burung kacer
  1. Dari sisi tempatnya, Gantung di tempat yang agak tinggi dan tempatnya ramai (yang sering dilewati keluarga). Jangan digantung di tempat yang tersembunyi. Biasakan hal itu selama sepekan. Setelah itu, posisi agak diturunkan. Lakukan selama sepekan, turunkan lagi, sepekan mendatang turunkan lagi sampai posisi normal.
  2. Dari sisi memandikan, Biasakan memandikan burung dengan cara dikaramba dengan waktu agak lama. Kalau dia nggak mau mandi sendiri, semprot pakai semprotan sampai basah kuyup. Nggak masalah dia kelabakan kesana-kemari saat disemprot. Benar-benar basah kuyup sampai menggigil kedinginan dan nggak kelabakan lagi. Biarkan dulu dia di karamba, sampai bulu agak kering. Tapi kalau Anda tergesa-gesa mau pergi, masukkan langsung ke sangkar juga nggak apa-apa, dan gantung di tempatnya. Kalau sempat, lakukan “pemandian” itu pagi dan sore hari.
  3. Dari sisi makanan (bisa dilakukan pada hari libur/menyempatkan diri libur), Kosongkan tempat pakan menjelang malam. Biarkan pada pagi hari dia kelaparan. Dalam kondisi itu, sorongkan jangkrik dengan lidi di tangan kita. Kalau dia nggak mau mematuk jangkrik, tarik lagi. Lima atau sepuluh menit lagi kita lakukan hal sama. Kalau masih nggak mau, tunda lagi. Begitu seterusnya, sampai sekitar pukul 10.00.Kalau sampai jam itu belum mau juga, tinggalkan jangkrik di tempat pakan biar dimakan. Setelah dia makan satu jangkrik, sorongkan pakai lidi satu jangkrik lagi. Kita goda dia beberapa saat mau mendekat atau tidak. Begitu jangkrik disambar, kita coba lagi, sampai burung agak kenyang. Setelah itu tempat pakan kita isi dengan kroto (untuk murai dan kacer) satu sendok teh saja. Siang hari, kita coba-coba lagi memberi jangkrik dengan lidi, dan begitu pula sore hari. Setelah terbiasa dengan lidi, coba langsung diangsurkan dengan tangan. Proses ini kuncinya adalah membuat burung kelaparan dan merasa tergantung pada manusia dan “terpaksa” harus berani kepada manusia. Karena kuncinya membuat burung lapar, senantiasa kosongkan wadah pakan dan hanya beri secukupnya ketika sudah dilatih makan jangkrik yang kita tusuk lidi/langsung dari tangan kita. Harus telaten dan sabar untuk melakukan ini. (Yahoo answer)
Mungkin hanya itru yang dapat saya bagi untuk kali ini tentang Cara menjinakan burung kacer(Lengkap). Semoga bermanfaat dan Salam kicau.
Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved