Burung Sepatu / Tikusan

Umum

Burung Sepatu atau Tikusan (Hydrophasianus chirurgus) termasuk burung yang hidup di air. Keanehan dari burung ini adalah karena ukuran fisik burung sepatu jenis betina lebih besar daripada burung sepatu jantan.
Hewan ini memiliki kaki yang sangat panjang dan terlihat tidak ideal dengan tubuhnya, akan tetapi justru kaki yang seperti ini yang sangat membantunya dalam mencari makan di lingkungan yang berair karena memiliki tempat berpijak yang sangat luas.

Ciri-ciri

  • Memiliki ukuran panjang tubuh kurang lebih 26 cm
  • Memiliki sayap dengan seluruh bulu yang berwarna putih dan terdapat warna hitam pada bagian pinggir
  • Memiliki leher dan kepala yang putih bersih
  • Memiliki bulu badan yang berwarna coklat tua terkadang lembayung
  • Memiliki bulu ekor yang sangat panjang dan mempunyai bentuk yang terlihat mirip dengan pedang. Ekor yang terlihat seperti pedang ini digunakan untuk menarik perhatian burung sepatu betina pada musim kawin
  • Memiliki bentuk kaki yang sangat panjang dan tidak ideal dengan seluruh badannya
  • Burung sepatu jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil daripada burung sepatu betina

Habitat

Burung sepatu cenderung hidup di rawa-rawa, danau, atau daerah yang dekat dengan air dan banyak tanaman air seperti teratai atau kiambang.
Dengan bentuk kaki yang sangat panjang maka burung sepatu tidak akan terjerembab ke dalam air atau lumpur apabila sedang berpijak di atas tanaman-tanaman atau bunga yang tumbuh di atas air.
Burung sepatu memiliki tubuh yang terdiri dari tulang-tulang yang ringan dan kecil sehingga burung ini tidak akan terlalu terbebani dengan berat badannya karena berat badan burung ini terbagi rata di tempat berpijak yang amat luas.
Burung ini memiliki kemahiran untuk melompat-lompat dari satu tanaman air ke tanaman air lainnya.
Karena burung sepatu memiliki tubuh yang ringan dan kakinya yang berbentuk untuk dapat berpijak secara ringan pula, maka pada umumnya burung-burung sejenis burung Sepatu itu membuat sarangnya di atas daun-daun tanaman air di tempat yang paling aman.

Makanan

Burung Sepatu bergerak secara lincah untuk mencari makanan yang berupa macam-macam binatang air dan larva.

Sifat

Burung ini memiliki kebiasaan untuk memperhatikan lingkungan sekitarnya dengan mata yang penuh kewaspadaan meskipun sedang bergerak dengan pelan dan hati-hati di atas tanaman teratai, di tengah-tengah air,  atau dari daerah yang masih jauh dari jangkauan binatang atau tangan manusia.
Burung Sepatu terkenal sebagai binatang yang bersifat dan bersikap terlalu penakut. Bahkan ada pula orang yang berpendapat bahwa tabiat dan sifat burung burung sepatu adalah terlalu berhati-hati.
Pada umumnya burung-burung yang terlalu berhati-hati atau disebut pula penakut, bertabiat sangat liar dan dengan sendirinya selalu bersembunyi dan menyelamatkan dirinya pada keadaan yang sedikit saja mengkuatirkan dirinya.


Sumber
Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved