Burung Kepodang

burung kepodang
Burung kepodang (Oriolus chinensis) tersebar luas di seluruh belahan Asia, mulai dari China, Korea, Taiwan, Negara-negara Asia Tenggara termasuk Indonesia. Di Indonesia, burung berbulu indah ini dapat dijumpai di pulau Sumatera, Kalimantan, Bali, Sulawesi dan Jawa.
Burung kepodang termasuk jenis burung berkicau dan mempunyai bulu yang indah. Di Jawa Tengah biasanya burung kepodang digunakan untuk tradisi tujuh bulanan kehamilan.kepodang
Burung Kepodang biasa hidup berpasangan. Burung betina biasanya membuat sarang dengan teliti pada ranting pohon. Ketelitian burung Kepodang dalam membuat sarang yang indah dan tampilan burung yang selalu terlihat cantik, rapi, dan bersih dengan bulu yang indah menawan. Itulah kenapa burung ini sering dijuluki sebagai burung pesolek.
Panjang tubuh burung kepodang dari kepala sampai ekor sekitar 25 cm. Warna bulu kuning keemasan, sedangkan kepala, sayap dan ekor ada sedikit warna hitam. Dan ada garis hitam yang melewati mata dan tengkuk.
Paruh dan iris mata burung kepodang berwarna merah, sedangkan kedua kakinya berwarna hitam. Kepodang pandai menirukan suara burung yang lain, misalnya prenjak dan penthet dimana suaranya sangat keras dan nyaring.
kepodang
Makanan utama Kepodang adalah buah-buahan seperti pisang dan pepaya. Selain itu kepodang juga makan serangga dan ulat.
Habitat, Persebaran, dan Konservasi. Habitat asli Burung Kepodang (Oriolus chinensis) adalah di daerah dataran tinggi. Namun burung ini dapat juga ditemui di hutan terbuka, hutan mangrove dan hutan pantai hingga ketinggian 1.600 m dpl.



Sumber
Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved