Burung Kacamata / Pleci


Burung Kacamata (Zosterops palpebrosus) biasa disebut Pleci atau Siki Nangka. Dalam bahasa inggris burung ini disebut “Oriental White Eye” atau bahasa ilmiahnya adalah burung kecil dari famili Zosteropidae yang merupakan bangsa burung petengger (passeriformes).
Burung ini mempunyai ukuran tubuh yang kecil, sekitar 11 cm dan bulu berwarna hijau kekuningan. Selain itu burung ini juga memiliki lingkar bulu keperakan di sekitar mata, dan inilah alasan kenapa burung ini dinamakan burung kacamata.
Burung ini bisa ditemukan di daerah dataran rendah, daerah perbukitan, maupun di hutan kawasan India utara, Cina selatan, Sumatera, Jawa, Bali, dan Kalimantan. Dalam bahasa Inggris burung ini dikenal dengan nama Oriental White Eye.
Selain suka membentuk kelompok dengan sesama jenis, burung ini suka membentuk kelompok dengan jenis burung lain dan mencari makan secara berkelompok dengan beterbangan di antara puncak-puncak pohon. Makanan burung ini adalah serangga kecil, larva, laba-laba, nectar, dan buah-buahan. 
Musim bertelur burung ini adalah antara bulan Januari sampai Oktober. Telur burung ini berwarna biru pucat dan berjumlah sekitar dua sampai tiga butir.
Sarang burung ini berbentuk cawan yang terdiri dari akar, tulang daun, tangkai daun, dihiasi lumut, pada ranting pohon atau rumpun bambu, jauh dari permukaan tanah.
Belakangan ini burung ini semakin banyak diburu oleh para penggemar burung dan banyak dijajakan di toko atau kios burung. Maka dari itu makin hari populasi burung ini semakin sedikit.


Sumber
Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved