Memilih Kandang

 http://media.dinomarket.com/docs/imgusr/2012-11/Foto0796_291112171141_ll.jpg.jpg

Sangkar adalah rumah tempat tinggal burung. Sangkar burung tersedia dari berbagai jenis bahan dan model.  Pembuatan ataupun pembelian sangkar burung perlu memperhatikan fungsinya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti keamanan bahan sangkar hingga jenis burung yang akan dipelihara. Bentuk dan ukuran sangkar  harus sesuai dengan jenis burung yang Anda pelihara.

Perhatikan beberapa tips memilih sangkat burung berikut ini:                                                                                                                                                     

1.Ukuran sangkar burung. Pilihlah sangkar burung yang besar dan luasnya sesuai dengan jenis dan ukuran burung peliharaan Anda.
2.Karateristik burung. Ada beberapa burung yang badannya kecil, namun sangat aktif bergerak, terbang atau meloncat-loncat. Untuk jenis burung seperti ini memerlukan sangkar yang lebih besar. Beberapa burung kadang ada yang suka mematuk-matuk sangkar, untuk yang seperti ini pilih bahan sangkar yang lebih kuat.
3.Bahan baku sangkar. Untuk burung berukuran kecil, bisa memilih sangkar yang terbuat dari bambu. Sedangkan untuk burung berukuran besar, lebih baik pilih sangkar yang terbuat dari kawat.
4.Kekuatan jeruji sangkar. Jeruji yang baik adalah yang agak lentur tetapi kuat. Jeruji yang demikian biasanya terbuat dari bambu yang benar-benar tua. Pilih batang ruji yang tidak terlalu rapat atau terlalu longgar. Jika terlalu longgar, burung bisa mengoyaknya dengan mudah dan bisa melepaskan diri. Jika terlalu rapat, burung tidak bisa melihat keluar sangkar dengan bebas.  Pastikan juga jerujinya telah dihaluskan sehingga tidak melukai burung. Begitu juga dengan sangkar dari kawat besi, pastikan tidak ada ujung kawat yang menyembul karena bisa melukai burung.
5.Alas sangkar. Pilih alas yang berukuran agak tebal, bisa dari papan kayu atau triplek.  Sebaiknya jangan menggunakan alas yang agak susah ditarik, karena menganggu ketenangan burung dan dapat mengakibatkan stres. Karena itu, pilih laci tempat penampungan kotoran yang mudah dikeluarkan. Dengan demikian, sewaktu-waktu kita membersihkan kotorannya, burung tak merasa terganggu. Perhatikan juga jarak antara alas kotoran dan alas berpijak burung. Jarak yang terlalu dekat antara alas kotoran dan dasar tempat berpijak, kurang baik bagi kesehatan burung. Sebab tidak jarang pakan yang jatuh dan terkena kotoran burung masih dipatuk lagi. Padahal pakan yang jatuh tadi sudah kotor. Belum lagi kalau burung turun, jari-jari kakinya bisa terkena kotoran yang bisa menimbulkan jamur kaki.
6.Batang/tangkringan bertengger. Piling batang tempat burung bertengger dari kayu yang kuat dengan ukuran agak tebal dan tidak mudah lapuk. Bila sangkar burung agak besar, berilah tenggeran lebih dari satu, agar burung bisa berpindah-pindah tempat untuk berkicau sehingga dia tidak bosan. Pasang tangkringan secara horizontal dengan diameter sesuai dengan ukuran kaki burung. Jangan lupa, sediakan pula tempat pakan dan tempat air minum di dalam sangkar.
7.Gantungan sangkar. Harus kuat dan kokoh agar saat burung menggantung tidak mudah copot atau jebol. Sering terjadi sangkar kelihatan kokoh, tapi ketika digantungkan tak kuat menahan  empasan angin dan akhirnya kayunya patah dan jatuh. Gantungan yang nampak kokoh dari luar belum tentu kuat. Karena itu, tidak jarang sangkar jatuh akibat kurang kokohnya gantungan sangkar. 
8.Pintu masuk harus cukup lebar. Pilihlah pintu yang berada di tengah, bukan di bawah. Karena jika di bawah menyulitkan saat akan memandikan burung selain itu burung bisa mudah lepas. Selain itu, pilih pintu sangkar yang lancar dibuka dan ditutup. Bila perlu, carilah pintu yang dapat menutup sendiri. Ini untuk menghindari pemilik jika lupa menutup pintu.
9.Model sangkar. Untuk sebagian pencinta burung, model sangkar  menjadi hal penting karena bisa memunculkan karakter burung dan pemiliknya. Namun, jika hanya untuk burung rumahan, atau sangkar harian, sebaiknya membeli sangkar yang biasa saja. Usahakan agar permukaan sangkar halus dan kuat. Gunakan sangkar ukir yang mahal saat moment tertentu seperti untuk kontes burung.
10.Corak dan warna sangkar. Sesuaikan dengan warna burung peliharaan Anda. Jangan sampai warna burung yang indah tidak kelihatan karena warna sangkar yang lebih kelihatan  mencolok. Ini akan mengurangi pandangan kita dalam menikmati burung kesayangan.
Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved