Ciri Kapas Tembak Jantan / Jenggot Tembak Jantan

Sebelum mengulas lebih dalam mengenai ciri kapas tembak jantan dan atau jenggot tembak jantan, mungkin ada baiknya untuk menyamakan persepsi tentang ciri-ciri kapas tembak terlebih dahulu. Kapas Tembak, bagi sebagian orang disebut pula sebagai jenggot tembak dan atau sebaliknya. Namun, apakah 2 nama ini merupakan representasi dari 1 burung? Berdasar pada beberapa sumber yang ada di media cetak maupun online, Kapas Tembak merupakan jenis tersendiri dan tidak dapat disamakan dengan jenggot tembak.

Ciri mendasar dari kapas tembak adalah jenggot yg berbentuk seperti kapas serta warna dada yg cenderung putih keabu-abuan. Sementara Jenggot Tembak memiliki dada yg berwarna kuning kecoklatan dan hampir menyerupai kulit pisang yang sudah hampir busuk.

Namun demikian, untuk membedakan jenis kelamin dari kapas tembak atau jenggot tembak, hampir tidak ada perbedaan.

1. Ciri-ciri kapas tembak jantan.
- Memiliki badan yang simetris dan lebih besar.
- Suara tidak hanya di dominasi oleh tembakan. Kapas tembak jantan mampu mengeluarkan kicauan yang sangat merdu layaknya kacer poci ataupun murai batu.
- Saat di trek dengan kapas tembak lain, sayapnya tidak ngleper.

2. Ciri-ciri kapas tembak betina.
- Memiliki badan yang lebih kecil dibanding dengan kapas tembak jantan.
- Suara lebih di dominasi dengan tembakan. Oleh karenanya, kapas tembak betina lebih disukai sebagai alat pemaster burung lain.
- Saat di adu dengan kapas tembak lain, sayapnya sering ngleper.

Sebagai tambahan, dapat pula menggunakan teknik membedakan kelamin pada cucak jenggot.

Namun demikian, ciri kapas tembak jantan dan jenggot tembak jantan diatas tidaklah mutlak. Dalam prakteknya, bisa saja ditemukan adanya perbedaan. So, berhati-hati sebelum membeli memang sepantasnya dilakukan.

Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved