Mengintip Peluang Usaha Rental Tanaman Hias

Rental tanaman hias mungkin belum banyak dikenal orang, namun ternyata usaha rental tanaman hias cukup menjanjikan. Jika anda memiliki hobi menanam dan merawat berbagai macam tanaman hias, anda bisa mendapatkan keuntungan dari hobi ini dengan menyewakan kepada yang membutuhkan. Pasar untuk rental tanaman hias biasanya adalah perusahaan-perusahaan dari yang kecil hingga besar. Mereka banyak menyewa tanaman hias untuk dipajang di kantor agar meminimalkan biaya perawatan tanaman dan berbagai kerumitannya.

Usaha rental tanaman hias konon sudah mulai populer semenjak tahun 1980. Sebagai tanaman yang hidup agar selalu indah tanaman hias perlu dirawat secara teratur dengan keahlian dan ketelatenan tersendiri. Biasanya perusahaan pengguna sewa tanaman hias tidak mau repot dengan urusan yang satu ini, karena itu solusi rental tanaman hias menjadi pilihan.
Kebutuhan Usaha Rental Tanaman Hias

Meski anda bukan penghobi tanaman hias, anda tetap bisa menjalankan bisnis ini. Hanya saja anda perlu mencari pegawai yang cukup ahli dalam masalah perawatan tanaman hias.

Kebutuhan selanjutnya adalah lahan yang cukup luas untuk menyimpan stok tanaman hias yang akan direntalkan. Beberapa peralatan kebun seperti gunting tanaman,sprayer pompa, cutter juga perlu dipersiapkan untuk mendukung usaha ini.Untuk mendukung mobilitas dan pengangkutan tanaman hias ke pelanggan diperlukan juga mobil pick up. Jika modal usaha masih kecil kendaraan bisa disewa dari rental yang disewa berdasarkan kebutuhan.
Jenis Tanaman untuk Usaha Rental Tanaman Hias

Ada beberapa jenis tanaman yang kerap disewa oleh pelanggan antara lain tanaman palem, kaca piring, pandan bali,pisang kipas, bougenvile,Anturium, Jamaika, Palem Kuning,Wali songo dan lain-lain.

Selain jenis tanaman yang akan direntalkan penting pula diperhatikan ketinggian tanaman yang akan direntalkan. Biasanya pihak penyewa akan menyesuaikan dengan ketersediaan lahan yang ada. Ketinggian tanaman biasanya berkisar antara 1 sampai 2 meter.

Dalam usaha rental tanaman hias, ada kalanya tanaman menjadi layu atau bahkan mati saat direntalkan, karena itu anda perlu menyediakan cadangan tanaman hias untuk menggantinya. Paling tidak harus disediakan lima tanaman sebagai cadangan.

Untuk mempercantik tanaman hias yang direntalkan, diperlukan pot atau wadah yang mendukung. Wadah bisa berbahan plastik, rotan,dan gerabah. Pot dengan bahan plastik relatif lebih murah harganya, namun pot dengan bahan gerabah dan rotan lebih memberi kesan elegan.

Usaha rental tanaman hias biasanya dikaitkan dengan jasa desain taman, karena biasanya perusahaan penyewa juga tidak mengetahui desain ruangan mau dibuat seperti apa. Masing-masing tempat memiliki tema yang berbeda-beda. Karena itu anda harus kreatif membuat desain dan memberikan rekomendasi kepada pelanggan.
(/Tabloid Peluang Wirausaha).
Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved