Kapan burung sudah siap dilombakan?

Kapan burung sudah siap dilombakan? dari gambar grafik dibawah ini kita bisa mengetahui kapan performa terbaik burung akan siap untuk dilombakan.



Masa Mabung ( Moulting Periode)
Masa mabung burung berjalan antara 3,5 Bulan kecuali ada hal lain maka masa mabung bisa lebih panjang lagi, Untuk rata rata dalam waktu 3-4 bulan burung sudah selesai mabung itupun tergantung perawatan yang kita berikan semasa mabung.

Masa Siap lomba (Ready For Contest)
Sekitar 6 bulan lamanya dimulai setelah bulan ke 3,5 sampai bulan ke 9 setelah burung melewati masa mabungnya, periode inilah saatnya burung bisa dikonteskan atau dilombakan dan ini tentu saja tergantung kesehatan dan karakter si burung yang berbeda beda. tapi kalau di rawat dengan baik bahkan ada juga burung jawara yang setelah selesai mabung pada bulan ke 4 (empat) langsung juara lagi.

Top Performance (Top Form Periode)

Masa ini dimulai pada bulan ke-6 sampe bulan ke-9, merupakan saat yang tepat untuk mengkontestkan burung kita.

Masa sebelum mabung ( Out of form before Molting periode)
Masa sebelum mabung, setidaknya dimulai bulan ke-10. Sebaiknya burung tidak dilombakan atau distirahatkan. Jadi ada 6 bulan dimana burung kurang vit, 3 bulan persiapan mabung + 3 bulan mabung. Peiode 3 bulan persiapan mabung, banyak burung yang masih jawara. Mereka benar-bener mengistirahatkan burungnya bila sudah mabung benar.Semoga bermanfaat .

sumber:
www.shama.com.sg
artikel di kicaumania.or.id
Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved