Petrel Galapagos ( Pterodroma phaeopygia )

http://www.hawaii.edu/behavior/306/LabAcoustics/uau.jpg

Burung berukuran sedang (43 cm) , memiliki sayap yang panjang (bentang sayap 91 cm). Tubuh bagian atas hitam keabu-abuan, sedangkan tubuh bagian bawah dan muka putih. Sayap bagian bawah putih dengan tepian sayap hitam. Kaki merah jingga berselaput hitam. Paruh hitam, kecil, dan berbentuk kait, dilengkapi lubang hidung berbentuk pipa. Ekor berbentuk baji dan berwarna putih.

 
Penyebaran dan ras
 
Endemik Kep. Galapagos. Mencari makan ke utara sejauh Amerika Tengah bagian barat dan ke selatan sampai bagian utara Amerika Latin. Petrel Galapagos juga ditemui dan merupakan burung endemik di Hawaii dengan nama subspesies: P.p. sandwichensis (Ridgway, 1884). Namun subspesies ini sedang dalam tahap diusulkan untuk menjadi spesies tersendiri.


Tempat hidup dan Kebiasaan
 
Menghabiskan sebagian besar waktunya di perairan. Pada musim berbiak, kembali ke daratan terutama di daerah pegunungan yang lembab dan berbatu dengan ketinggian antara 300-900 m. Bersarang di lubang alami yang ada di lereng tebing gunung berupa lubang bekas saluran lava, bekas erosi air, atau jalur sungai yang mengering, biasanya berada di dekat tanaman Miconia. Makanan utamanya cumi, ikan, dan udang.



Status
 
Daftar merah IUCN             : Kritis (CR)
Perdagangan internasional     : -
Perlindungan                        : -
Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved