Manyar : Penenun yang handal

Burung manyar termasuk dalam keluarga Ploceidae ini memiliki beberapa jenis yang kita kenali, meskipun jumlah dari jenis jenis burung ini mencapai 160 jenis burung yang termasuk dalam keluarga Ploceidae ini.  


Manyar juga termasuk burung pemakan biji bijian atau disebut dengan granivora dan lebih menyukai habitat yang terbuka seperti di padang rumput, tepi hutan dan persawahan. Musim berkembang biak dimulai dari bulan april hingga oktober.
dengan sarang yang sangat variatif dalam ukuran, bentuk serta bahan yang dipakai.

Burung manyar dikenal sebagai burung yang hidup berkoloni, burung ini membangun sarangnya bersama sama bahkan terkadang bisa dijumpai dalam satu pohon ada puluhan sarang manyar berjejer menghias dahan dan rantingnya. Nama asing dari burung ini adalah weaver yang artinya penenun disebut demikian bukan tanpa alasan, keahlian menenun ini dimiliki oleh burung jantan yang membuat sarangnya dengan menenun bahan bahan sarang untuk menarik perhatian burung betinanya, jika ada burung betina yang tertarik dengan sarang tersebut maka ia akan masuk kedalamnya dan menjadikan burung jantan terebut pasangan hidupnya.

 Berikut adalah gambar beberapa jenis manyar yang bisa kita kenali:

1. Streaked Weaver Ploceus manyar flaviceps  - Betina


  Streaked Weaver Ploceus manyar flaviceps - Jantan


2. Lesser Masked Weaver  Manyar topeng hitam - jantan



3. Black-breasted Weaver Manyar dada hitam - sepasang


4. Baya Weaver Ploceus philippinus philippinus   - Jantan


Baya Weaver Ploceus philippinus  - Betina



5. Asian Golden Weaver Manyar emas asia - jantan


 Asian Golden Weaver Manyar emas asia - betina



Finn's Weaver Ploceus megarhynchus - sepasang


Rawatan burung manyar ini cukup mudah, seperti halnya perawatan burung kenari ataupun burung pemakan biji bijian lainnya. makanan utamanya adalah canary seed, gabah yang bisa digantung didalam kandangnya dan Ulat hongkong 10 ekor pagi dan sore. 


Berikut video manyar suara cililin milik om  singobarong72 yang diunggah ke youtube



Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved