Memelihara Pentet

Untuk memelihara burung cendet bukanlah hal yang sulit .Dalam hal yang satu ini saya akan memberi tahu cara untuk memilih burung cendet yang bagus dari bodynya, bukan body cewek tentunya tapi body burung cendet .

CARA MEMBEDAKAN CENDET BETINA DAN JANTAN
Betina
ciri-ciri:
Bunyi tidak keras alias volume tipis .
Warna hitam diatsas kepala tidak banyak hanya sampai atas hidung
Jantan
ciri-ciri:
Struktur kepala lebih menonjol.
Warna hitam di atas kepala lebih banyak .
Seperti gambar di bawah ini.
CARA MEMILIH BURUNG CENDET
1. Badan burung tegak .
2. Mata burung melotot atau menonjol keluar (bukan copot low…).
3. Paruh tebal dan runcing.
4. Bila anda mencari cendet yang sudah berumur cari yang kakinya medang. Bila mencari yang masih muda ya cari aja yang belum medang. Tapi bila Anda ingin mempunyai burung yang sudah siap untuk tarung biasanya sudah medang.
5. Kepala yang berstruktur kotak, bulu hitam pada kepala sampai pada kepala belakang .
Itu tadi adalah cara memilih burung cendet yang bagus dengan meliahat body burung. Karena memang bila burung cendet memilki bentuk body seperti yang ada diatas akan kelihatan gagah. Tetapi bila Anda ingin memiliki burung yang bersuara bagus, keras suaranya, petarung dan menampilkan gaya yang bagus saat berbunyi tidak bisa hanya dengan menggandalkan dody burung yang bagus.
Semuanya itu adalah kemampuan dari burung itu sendiri atau karena burung dilatih, namun kebanyakan pelatihan burung memerlukan waktu yang cukup lama dan jarang berhasil. Namun sekarang saya tidak menerangkan pelatihan burung tapi cara memelihara dan mengoptimalkan kinerja burung yang sudah mempunyai kemampuan tapi kurang optimal kerjanya.
CARA memelihara DAN MENGOPTIMALKAN KINERJA BURUNG CENDET
Dadam hal ini langsung saja saya terangkan untuk pemberian makan atau x-tra fooding. Dalam hal ini burung harus sudah bunyi:
1. Jangkrik :menambah birahi burung, untuk komposisinya 5x sehari .
2. Kroto: untuk menghangatkan dan menambah kinerja burung ini harus diberikan .
3. Ulat hongkong: fungsinya sama dengan kroto
4. Ulat kandang: ulat yang satu ini sangat menyehatkan
5. Bisa juga berikan suplemen seperti BirdPower (produk Om Kicau yang biasa digunakan pelomba untuk menambah power karena mengandung ATP dan bukan bersifat doping).
Makanan-makanan yang ada di atas kadang-kadang tidak disukai oleh cendet bisa dikarenakan dari kecil tidak pernah diberi hewan-hewanan.

Nah untuk persiapan lomba atau performa yang sangat bagus tidak bisa hanya dengan makanan itu saja ada perawatan khusus, antara lain:
1. Penjemuran: jemur burung setiap jam 7 pagi sampai dengan 11 siang. Kalau tidak kuat jangan dipaksa, tapi harus dilatih secara bertahap.
2. Mandi: untuk mandi burung tidak perlu setiap hari. Pemandian burung dilakukan saat pagi sebelum dijemur atau sore hari.
3. Kerodong: kerodong burung saat sore atau malam sampai pagi. Kalau untuk lomba kerodong burung sehari penuh selama 5 hari sebelum lomba dan tidak perlu dijemur.

MEMELIHARA CENDET  WAKTU MASA NGURAK
Ngurak atau mabung suatu proses di mana burung dalam proses pergantian bulu karena bulu sudah tua. Biasanya Ngurak inilah yang digunakan untuk patokan burung sudah siap dilombakan atau tidak. Bbiasanya 3-4 kali ngurak.
Cendet waktu ngurak atau mabung  di mana cendet dalam kondisi tidak stabil. Apalagi jika dalam pergantian cuaca  kondisi tubuh sedang tidak stabil bisa membuat burung sakit. Begini cara memeliharanya:
Jangan pernah memberi makan atau xtra fooding sampai telat.
Beri makanan atau xtra fooding lebih banyak dari biasanya. Contoh: Biasanya diberi jangkrik 4 ekor, beri 7 ekor.
Jemur sekitar 30 menit, antara jam 07.30-08.00.
Setelah itu angin-anginkan dan dikerodong .
Mandikan burung 2-3 hari sekali aja
Proses seperti itu akan terus berlangsung sampai dengan masa tumbuh bulu baru.
Untuk burung ngurak bisa diberikan asupan protein sisten dan meteonin (protein pembentuk bulu), yang misalnya  terdapat pada Bird-Molt Pre.

Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved