Tips jitu halau semut serbu momongan kita

Semut telurnya dibutuhkan untuk burung tetapi kalau sudah merubungi sangkar atau makanan burung seperti ulat, jangkrik atau purnya malah jadi menjengkelkan. tetapi jangan panik dulu karena disini ada beberapa tips sederhana bagaimana menghalau dan mengusir semut agar tidak berkunjung ke tempat kita.

1. Menggunakan cairan jeruk nipis ke area yang terkena semut.
Seperti yang kita ketahui bahwajeruk nipis mengandung asam yang bisa menghalangi gerak semut


 

2. Menanam beberapa jenis tanaman anti serangga
Simpan tanaman berikut ini di tempat biasa Anda menggantung burung atau menyimpan makanan. Tanaman tersebut adalah Lavender, Zodia dan Pohon Mint yang memiliki aroma yang tidak disukai serangga. Bahkan bukan hanya semut saja dengan adanya tanaman ini di sekitar rumah kita, burung kitapun akan lebih aman dari gangguan serangga beracun yang mungkin saja akan termakan oleh burung.

3. Taburkan bahan berikut di area yang sering dilewati semut
Di antaranya adalah: serbuk kayu manis, parutan kulit jeruk, bubuk cengkeh, soda kue dan kapur. Bisa juga dengan menaburkan bahan-bahan tersebut ke piringan mangkuk yang biasanya disediakan di atas gantungan dari sangkar burung atau di lemari penyimpanan makanan burung.



4. Menggunakan Sillica gell
Taruh sillica gell ini ditempat penyimpanan makanan yang lembab, atau bisa juga dimasukan kedalam pur bubuk tetapi hati hati jangan sampai bocor karena bisa fatal akibatnya. Belum pernah dicoba kalau ditaruh di dalam wadah kroto atau jangkrik yang paling sering diserang semut. 

5. Semprot dengan FreshAves

FreshAves adalah anti kutu dan anti semut produk Om Kicau. FreshAves adalah serbuk antikutu dan parasit lainyang aman untuk burung tetapi manjur untuk membasmi berbagai jenis serangga (artropoda).

Sesuai namanya, FreshAves ditujukan untuk membuat burung fresh atau segar karena terbebas dari semua jenis serangga pengganggu seperti kutu burung, caplak, tungau, gurem, semut dan parasit pengganggu lainnya.

FreshAves mengandung permethrine dan piperonyl butoxide. Permethrine dikenal sebagai pestisida aman yang sudah diujikan untuk penyemprotan nyamuk demam berdarah di berbagai wilayah di Indonesia. Berdasar ujicoba tersebut, permethrine terbukti mempunyai aktivitas insektisidal yang sangat tinggi baik untuk lalat, nyamuk, kutu dan insekta pengganggu yang lain, juga terhadap kecepatan kerja maupun efek residualnya. Dan yang lebih penting lagi, aman untuk hewan peliharaan dan manusia. 
Sedangkan piperonyl butoxide merupakan sinergis dari permethrine, yakni berfungsi meningkatkan daya racun. Perlu diketahui, (zat) sinergis dalam insektisida bisa jadi tidak beracun tetapi bisa meningkatkan daya bunuh terhadap obyek. Contoh sinergis ini, selain piperonyl butoxide adalah sesamin (minyak yang berasal dari biji wijen).
Dengan kandungan seperti itu, FreshAves sangat tepat untuk digunakan sebagai pembasmi semut dan segala parasit pengganggu burung.

6. Jaga kebersihan 
Jaga kebersihan tempat makanan burung dan sangkarnya karena tempat penyimpanan makanan yang tidak bersih atau dengan bekas makanannya yang berserakan malah akan mengundang semut.



Selamat mencoba :)
Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved