Mengenal burung burung predator ( BOP )

Bukan hanya burung burung dari jenis burung penyanyi saja yang banyak penggemarnya di sini, akan tetapi penggemar burung burung pemangsa atau dikenal juga dengan sebutan BOP Bird of Prey juga tidak sedikti jumlahnya. Keunikan peliharaan dan ke'gagah'an dari burung peliharaannya membuat semkin banyak juga yang mulai menggemari dan mencari informasi seputar burung pemangsa ini. 


Burung pemangsa atau BOP ini termasuk burung burung yang berukuran besar ataupun kecil yang memang makanan utamanya di habitatnya adalah daging binatang buruan seperti tikus, ikan, kadal, ayam, burung dsb.  Jenisnya pun bermacam macam mulai dari Burung Hantu hingga Elang besar. 

Burung pemangsa yang selama ini dikenal mudah dipelihara dan dijinakan adalah : 



Barn Owl 


Bubo Sumatranus 


Spotted Wood Owl (Strix seloputo)


Pygmy Falcon


Dan bermacam macam jenis dan spesis burung elang



PERAWATAN DAN PELATIHAN 

Perawatannya sendiri dibutuhkan keterampilan serta pendekatan karakter, karena burung dari jenis pemangsa ini tidak lah cocok kalau disebut sebagai binatang peliharaan tetapi lebih pantas kalau disebut dengan partner kita.
Rawatan harian adalah memberinya makanan yang sesuai dengan keinginannya. adapun jenis jenis makanan untuk burung burung ini diantaranya : 
- Tikus kecil ( akan lebih bagus lagi kalau yang diberikan adalah tikus putih )
- Burung burung kecil (sekarang banyak dijual burung jenis emprit untuk makanannya)
- Binatang binatang kecil dan serangga seperti jangkrik, kecoa, dll
- Daging ayam segar dan beberapa jenis ikan
Untuk burung yang baru didapatkan, butuh waktu bagi burung ini untuk mau beradaptasi dan menerima kita sebagai partnernya jadi dalam hal ini kita harus melakukan beberapa pendekatan dengan melalui pelatihan pelatihan agar burung benar benar mau jinak kepada kita.

Pelatihan yang dimaksud disini adalah menjinakan burung, dengan rutin kita memberi makanan dengan melalui tangan kita ( dibutuhkan sebuah sarung tangan / Glove agar tangan kita tidak terluka oleh kukunya yang tajam atau paruhnya ) metode ini disebut dengan Feed on Fist dan untuk bagaimana menjinakan burung jenis pemangsa ini agar jinak dan bisa kita latih akan kita jelaskan pada edisi berikutnya

Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved