Melatih Kicauan Burung Kenari

Kenari hasil silangan yang diinginkan sebagai burung penyanyi, sejak dipisah dari induknya sebaiknya sudah mulai dilatih. Mengingat hampir semua jenis kenari yang dilombakan tidak mempunyai suara asli. Dalam lomba apabila suara kenari dinilai nglender dan nilainya dapat berkurang. Namun, sejak pertengahan tahun 1997 ada perkembangan yang menarik. Para juri memutuskan bahwa kenari yang dapat penilaian penuh harus memiliki suara asli kenari di samping tentunya perpaduan suara burung lain, di antaranya jalak suren, black throat, dan decu.

Mendidik kenari sejak kecil sangat menguntungkan karena belum terisi suara burung lain yang tidak diinginkan. Dengan demikian, kemungkinan bisa meniru burung yang dijadikan master sangat besar. Dalam proses pelatihan antara burung kenari dengan master harus selalu berdekatan. Namun, jangan sampai didekatkan atau terdengar suara burung lain yang tidak diinginkan sebagai pengisi suara kenari.

Tidak semua suara burung master cocok untuk melatih burung kenari. Suara master harus memiliki bentuk irama dan lagu yang sesuai dengan pembawaan burung yang akan diisi suaranya. Dengan harapan, bisa membuat kicauan kenari semakin beragam, merdu, berirama, enak didengar, dan tidak monoton (mengeluarkan suara yang sama). Jadi, untuk melatih kenari harus terlebih dahulu mengetahui jenis burung yang memiliki suara yang diinginkan.
Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved