Pakan pelengkap untuk burung kenari

Meskipun makanan utama kenari berupa biji-bijian, tetapi burung ini termasuk burung jenis omnivore (pemakan segala jenis makanan). Pemberian berbagai makanan tambahan pelengkap pun menjadi tidak terlalu sulit. Pakan pelengkap sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan peningkatan kesehatan kenari. Bila kesehatannya baik, kondisi kenari pun menjadi prima baik dalam kontes maupun saat diternak. Pakan pelengkap tersebut bisa berupa sayur, serangga, dan serbuk buatan.
a.         Sayur

Hampir semua jenis sayuran disukai kenari. Namun, pada umumnya penggemar hanya memberikan beberapa jenis sayuran saja. Di antaranya  selada, sawi, kangkung, umbi wortel, gambas, tauge, dan jagung muda. Pemberian sayuran ini tidak diberikan sekaligus, melainkan dipilih salah satu diberikan secara bergantian. Pada musim hujan sebaiknya pemberian sayur dikurangi agar suhu badan kenari tidak terlalu dingin. Sebelum diberikan sayur harus dicuci bersih dan diberikan dalam kondisi segar. Jika tersisa secepatnya diambil atau diganti agar tidak mengudang lalat atau serangga lain yang bisa mengganggu kenari.

b.         Serangga

Selain sayuran, kenari juga suka makan serangga seperti kroto, ulat hongkong, dan jangkrik. Kroto dapat diberikan pada tempat tersendiri. Jangan memberikan kroto yang berlebihan karena bisa mengakibatkan bulu cepat rontok. Khusus jangkrik dan ulat hongkong saat diberikan harus dipotong kecil-kecil sehingga kenari mudah memakannya. Jika pada burung-burung muda yang masih disuapi, pemberian serangga dapat dicampur dengan tepung roti atau bubur bayi sejenis SUN.

c.         Kuning telur

Sebagai tambahan protein kenari perlu diberi kuning telur yang telah direbus. Telur yang diberikan bisa telur ayam, telur bebek,atau telur puyuh. Sebagai pengganti telur bisa juga diberi CD yang mempunyai kandungan protein dan vitamin hampir sama dengan telur. Bahkan ada yang menyebut bahw CD merupakan telur buatan yang dikombinasi dengan beberapa biji-bijian termasuk fumayin

d.         Tepung

Beberapa tepung juga sangat diperlukan dan disukai kenari. Di antaranya tepung roti dan tepung bubur kacang hijau yang biasa diberikan untuk bayi. Pemberian tepung ini bisa dilakukan dalam bentuk serbuk, sedangkan bagi yang masih anakan bisa dicampur air sedikit agar mudah disuapkan.

e.         Grit

Grit merupakan sumber kalsium yang dibutuhkan burung untuk membentuk kulit telur, tulang, bulu, dan paruh. Selain itu, grit juga berguna untuk membantu pencernaan dan menanggulangi serangan diare. Grit banyak di jual dipasar burung. Bila tidak ada grit, sumber kalsium dapat menggunakan bahan lain. Bahan-bahan tersebut sebenarnya memang merupakan bahan pembuatan grit, yaitu kulit kerang, batu kapur, batu kali (pasir), granit, batu bata, dan arang batok. Semua bahan yang ada ditumbuk hingga setengah halus.
Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved