Pakan utama burung kenari

Biji-bijian adalah makanan pokok burung kenari yang termasuk kelompok burung vinkin ini. Pada umumnya mereka (burung kenari, pipit, dan burung sejenis lainnya) lebih menyukai biji-bijian yang masih berkulit. Kebiasaan mengupas kulit dengan paruh pun tidak bisa dihilangkan. Akibatnya bila diberi biji-bijian yang dikupas sekalipun masih dipecah  dengan paruhnya. Bahkan, saat diberi makanan  bentuk lain jika tidak terbiasa sejak kecil tidak akan dimakan. Berikut adalah jenis biji-bijian yang disukai kenari.

a.         Canary seed

Canary seedmerupakan biji-bijian yang dihasilkan dari tanaman sejenis rumput Phallaris canariensis yang bentuknya menyerupai biji padi, hanya saja kulitnya lebih halus dan berwarna cokelat mengilat. Biji kenari ini memang masih impor, tetapi untuk mendapatkannya sangat mudah. Hamper setiap kios pakan burung menjualnya.

b.         Millet

Biji millet ini paling banyak dijual di pasar burung. Tidak hanya burung kenari, tetapi burung-burung pipit, parkit, perkutut, serta burung pemakan biji lainnya juga sangat menyukai biji millet. Bentuk biji ini kecil bulat dan bagian ujungnya runcing. Millet merupakan tanaman sebangsa rumput Panicum miliacium dan panicum romosom. Warna bijinya ada yang putih dan ada pula yang cokelat kemerah-merahan.
c.         Jewawut

Panicum italia(jewawut) merupakan salah satu biji-bijian yang disukai kenari. Bentuknya bulat, tidak mengilat, dan berukuran lebih kecil dibanding millet. Yang dijual di kios-kios pakan burung kebanyakan berwarna kuning kemerah-merahan, meskipun ada pula yang berwarna putih dan kuning.

d.         Oat

Avena sativa (oat) memiliki kandungan gizi yang hampir sama dengan jewawut. Oat sebaiknya diberikan pada kenari secara bergantian atau komposisinya seimbang. Mengingat jika pemberiannya terlalu banyak bisa mengakibatkan kegemukan dan burung akan malas berkicau. Biji ini biasanya hanya diberikan sebagai makanan tambahan kenari. Oat berbentuk lonjong dan salah satu sisinya berkerut. Warna kulit merah, kuning, dan ada pula yang kehitam-hitaman. Namun jika dibuka bijinya berwarna putih.

e.         Biji lobak

Raphanus sativus(lobak) banyak dikembangkan di Indonesia. Bijinya dapat dimanfaatkan sebagai pakan burung, khususnya burung yang berparuh kecil seperti kenari. Biji lobak berbentuk bulat dan ada yang agak lonjong berwarna cokelat. Meski dihasilkan di Indonesia, tetapi biji lobak ini agak sulit ditemukan di pasaran. Hal ini mungkin dikarenakan hanya sebagian kecil penggemar burung yang memberikan makanan tambahan berupa biji lobak ini. Biji lobak ini sangat baik untuk menetralisir biji-bijian lain agar kondisi kenari tidak terlalu panas. Pemberian saat musim hujan komposisinya sebaiknya dikurangi karena bisa mengakibatkan kenari mencret.

f.          Biji sawi

Sebagai makanan pokok pelengkap, biji Brassica juncea (sawi) sudah tidak asing lagi bagi kalangan penggemar kenari. Biji yang berbentuk bulat kecil, mengilat, dan berwarna hitam ini sangat disukai kenari.

g.         Nigger

Biji nigger memang tidak terlalu banyak dibutuhkan. Namun, kandungan gizinya sangat diperlukan dalam kehidupan kenari. Biji nigger cukup diberikan sedikit saja sebagai makanan tambahan karena kandungan lemaknya sangat tinggi. Biji nigger berbentuk panjang kecil dan berwarna hitam. Biji ini banyak di jual dipasaran, baik dalam bentuk kemasan tersendiri atau bersama jenis bijian lainnya.
Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved