Burung Kolibri, Burung Terkecil Di Dunia

burung kolibri 
Burung kolibri atau dalam bahasa inggris disebut sebagai hummingbird adalah burung yang terkecil di dunia karena hanya mempunyai  berat badan sebesar 6 gr dan panjang tubuh 6, 35cm. Gerakan sayap burung kolibri sangat cepat, yaitu  12-80 kali kepakan sayap dalam satu detik. Hamper sama dengan seekor lebah. Sedangkan laju denyut jantung burung kolibri dapat mencapai  1200 kali per menit.
Burung kolibri membutuhkan tenaga yang cukup besar untuk terbang, maka dari itu burung kolibri membutuhkan asupan makanan yang berkalori tinggi. Karena mempunyai kapasitas perut yang kecil dan tidak dapat makan dengan sekaligus, maka burung kolibri harus makan 5 sampai 14 kali dalam setiap jam. Kapasitas perut mereka kecil, dan tidak bisa menahan terlalu banyak makanan sekaligus.
burung kolibri
Makanan kesukaan burung kolibri adalah bunga yang berbau harum atau bunga yang mengandung madu. Paruhnya yang kecil dan panjang sangat berguna untuk menghisap pangkal bunga sebelum akhirnya menghisap madu dari bunga.
Penghisapan madu ini juga membantu penyerbukan silang pada bunga, karena serbuk sari akan terbawa pada kepala atau paruh kolibri kemudian berpindah dari satu bunga ke bunga yang lain.sarang burung kolibri
Jika sudah masuk musim kawin, biasanya burung kolibri jenis jantan menyatakan perasaan pada jenis betina dengan kicauan yang merdu sambil terbang mengelilingi sang betina. Sedangkan untuk jenis betina, bila ingin menarik perhatian dari jenis jantan, mereka akan terbang berkelompok dengan kecepatan tinggi dan melakukan atraksi akrobat di udara.
Burung kolibri biasanya membuat sarang yang terikat seperti sarang laba-laba dengan hiasan luar berupa lumut kerak dan lumut daun. Telur burung kolibri berwarna putih bersih, ukurannya tidak lebih besar dari kacang polong, dan biasanya hanya bertelur sebanyak 2 buah.
Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved