Menjinakkan Burung Parkit

Menjinakkan Burung Parkit

Burung parkit memang suka hidup berkoloni dan sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Namun, tetap saja dia memiliki naluri alamiah sehingga tak jarang jika didekati manusia akan berontak. Namun, jika Anda tahu triknya parkit sebenarnya burung yang jinak. Beberapa trik khusus berikut ini bisa Anda coba.
                                                                                                                        
1.Setelah membeli burung dari pedagang burung ataupun petshop segera mandikan dengan menggunakan tangan. Usapkan air secara perlahan, lembut dan penuh kasih sayang. Kemudian coba letakkan di jari telunjuk Anda untuk bertengger. Ada burung yang langsung bertengger tenang sambil menata bulu-bulunya agar rapi dan cepat kering. Namun ada juga yang masih bingung dan ingin kabur. Jika hal ini yang terjadi sebaiknya segera masukkan kandang dan ulang keesokan harinya.
2.Untuk burung parkit yang sudah bisa tenang di atas tenggeran jari telunjuk Anda, selanjutnya coba tawarkan makanan kesukaannya seperti milet putih/merah, biskuit, jewawut, tauge atau lainnya. Bila ia merespon, tanda bahwa burung sudah mulai jinak. Namun bila belum merespon biarkan beberapa saat agar tenang di atas tenggeran jari telunjuk lalu masukkan ke dalam kandang.
3.Kandang parkit yang belum jinak cukup diberi air minum saja tanpa makanan, agar rasa lapar  burung memberi keberanian untuk mengambil makanan dari tangan Anda langsung. Biasanya butuh waktu 1 hari setelah sedikit puasa burung, parkit akan mulai  mau mengambil makanan langsung dari tangan Anda.
4.Selama masih dalam proses penjinakan, pastikan burung hanya makan dari tangan Anda langsung sehingga ia akan beradaptasi dengan Anda lebih cepat. Namun jangan diberi makan langsung dari tangan tanpa dalam kondisi basah atau setelah dimandikan. Agar burung tidak kabur atau terbang. Karena kondisi basah biasanya  akan membuat burung tenang dan sibuk mengurusi bulu-bulunya.
5.Bila sudah mau makan langsung dalam kondisi basah biarkan hingga kering sambil kita suapi makanan kesukaannya. Sesekali perintahkan burung agar berpindah tenggeran dari jari telunjuk Anda yang satu ketelunjuk yang lain. Bila ia mau melakukannya, beri suapan hadiah untuknya sambil sebut namanya agar terbiasa dengan perintah Anda. Lakukan seperti ini beruang-ulang hingga burung parkit Anda benar-benar jinak.

Tanda parkit yang sudah mulai jinak:
                                                                                                
1.Mau bertengger tenang di atas jari telunjuk atau tangan kita.
2.Mau makan langsung biji-bijian dari pemberian tangan kita.
3.Tidak gelisah dan ingin kabur.
4.Merespon setiap panggilan namanya disebut.

Tip untuk burung parkit yang pernah jinak kemudian kembali liar: Dekatkan atau kumpulkan dengan burung parkit yang jinak. Biasanya burung yang pernah jinak akan lebih mudah tenang dan beradaptasi langsung dengan teman-temannya. Sifat hidup yang suka berkoloni akan mendorongnya mudah berbaur dengan kelompoknya. Begitu si parkit mulai tenang maka proses penjinakan menjadi lebih mudah
Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved