Perenjak, Burung Kecil Nan Lincah

Perenjak, Burung Kecil Nan Lincah

Meski berukuran kecil, perenjak adalah burung lincah yang rajin berkicau. Dengan suaranya yang nyaring dan bersih, biasanya perenjak akan berkicau sambil bertengger di ujung ranting, tiang, kawat listrik atau tempet-tempat menonjol lainnya.

Burung perenjak menyukai tempat-tempat terbuka, seperti wilayah semak belukar, padang ilalang, kebun, pekarangan, tepi sawah, rawa, tepi hutan dan lainnya. Makanan favoritnya adalah ulat, belalang, capung dan aneka serangga kecil lainnya, yang tersembunyi di antara dedaunan dan ranting semak atau pohon. Biasa hidup berkelompok, mereka memiliki kelompok dan wilayah sendiri-sendiri, sehingga antar kelompok hidup terpisah. Untuk mempertahankan wilayahnya harus berani bertempur (adu suara) dengan burung Prenjak lain.

Perenjak sering dijumpai berpasangan, atau dengan anak-anaknya yang beranjak dewasa. Sering  bersarang di rumpun ilalang, semak belukar atau kerimbunan daun perdu. Terkadang sarangnya menjadi penitipan telur burung wikwik kelabu dan sebangsanya yang bersifat parasit.

Ciri-ciri tubuh prenjak:

1.Burung ini umumnya berukuran kecil, ramping dan berekor panjang.
2.Panjang tubuh, diukur dari ujung paruh hingga ujung ekor, kebanyakan antara 10-15 cm, meski ada pula yang lebih dari 25 cm.
3.Kebanyakan berwarna kekuningan, hijau zaitun, atau kecoklatan di punggung, dengan warna keputihan atau kekuningan di perut.
Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved