Manfaat Menjemur Burung Di Pagi Hari

Manfaat Menjemur Burung Di Pagi Hari

Menjemur burung di pagi hari akan memberi banyak manfaat pada burung kesayangan Anda. Sinar matahari pagi akan menjaga kesehatan burung tetap prima. Burung pun akan tampil cantik dengan kicauan yang semakin memukau.                                                                                      
1.Sinar matahari  pagi mengandung sinar infra merah yang berguna untuk membentuk hormon testosteron, hormon estrogen dan hormon progesterone  dalam tubuh burung. Ketiga hormon tersebut bertanggung jawab merangsang birahi dan organ reproduksi burung.
2.Sinar matahari pagi  mengandung sinar ultra violet yang bisa mengekstrak pro-vitamin D yang ada di tubuh burung menjadi vitamin D3 yang membantu pembentukan struktur tulang dan menjaga daya tahan organ penting lainnya.
3.Sinar matahari pagi membuat sistem metabolisme tubuh burung menjadi lancar dan optimal, sehingga proses penyerapan dan pendistribusian sari makanan tepat dan efesien.
4.Sinar matahari pagi bisa membunuh bibit jamur atau jamur-jamur yang bersarang di lantai sangkar, jeruji atau ornamen sangkar lainnya.
5.Sinar matahari pagi dapat  membunuh hampir 85% virus-virus yang menyebabkan penyakit pada burung.
6.Sinar matahari pagi merupakan akan membantu perkembangan psikologis burung. Karena burung akan merasa senang saat berjemur dan menikmati hangatnya sinar matahari pagi.
7.Sinar matahari pagi membuat burung bebas dari kutu yang bisa bersarang di tubuhnya.

Benarkah penjemuran bisa mencegah burung gemuk?

Tidak sepenuhnya benar.Yang terjadi adalah,  saat dijemur, burung akan merasa panas dan kehausan, sehingga membuatnya lebih banyak minum daripada makan.  Dalam hal ini  berarti konsumsi karbohidrat berkurang sehingga tidak banyak terjadi penumpukan lemak. Atau, burung bisa mendapatkan tenaga dari pembakaran lemak tubuhnya sehingga burung bisa menjadi lebih langsing. Dengan banyak dimandikan, maka burung akan banyak melakukan gerakan-gerakan menata bulu. Dan pada saat yang sama, untuk menghangatkan badan, burung memerlukan energi.
Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved