Master kenari hasil kawin silang

Master untuk burung kenari hasil kawin silang tidak hanya tergantung jenisnya, tetapi yang lebih utama adalah suara burung tersebut. Berikut ini beberapa jenis burung yang tepat untuk mengisi suara kenari hasil kawin silang.
1.         Herda sanger

Herda sanger telah lama dijadikan master. Bahkan, sebelum black throat masuk ke Indonesia, burung ini telah menjadi andalan pengisi suara kenari. Burung ini merupakan salah satu jenis vinkin yang mempunyai suara ngerol dan patah-patah, tepat untuk mengisi kenari. Hanya saja dicari yang tanpa nada “ter-ter”.




2.         Black throat

Suara black throat untuk mengisi suara kenari sebaiknya dicari yang suaranya ngerol dengan nada miji-miji atau patah-patah dan tidak bersuara ngepir (tir-tirri).  Suara patah-patah ini yang paling mudah diterima kenari. Biasanya suara ngerolnya terlalu cepat sulit untuk bisa ditiru. Burung yang satu ini memang sangat cocok untuk mendidik kenari atau sebagai pengganti herda sanger. Bentuk dan warna black throat hampir serupa dengan herda sanger, hanya saja terdapat warna hitam di tenggorakan dan bulu kuning di bagian pangkal ekornya.

3.         Jalak suren

Jalak suren yang tepat untuk memaster kenari, yaitu jalak suren yang masih mempunyai suara alasan dengan crecetan. Jalak suren yang suka rebut dengan menampilkan suara crecetan sangat diperlukan untuk mengisi suara kenari.

4.         Decu

Decu yang dijadikan master kenari cukup suara ngriwiknya (1/2 suara). Pada saat ngriwik burung ini mengeluarkan berbagai ragam lagu yang dimiliki. Untuk itu, jika hanya dijadikan master kenari tidak perlu memilih yang bersuara keras, tetapi yang penting mempunyai berbagai irama.

5.         Kenari

Ciri khas suara kenari tetap diperlukan, tetapi sebaiknya yang dijadikan master jangan bersuar full kenari apalagi yang memiliki suara “cak-cak-cak” harus dihindari. Cukup yang memiliki suara ngerol serta miji-miji dengan berbagai variasi irama. Jika terlalu banyak mendengarkan suara aslinya, kenari akan lebih mudah menirunya daripada meniru burung lain (sebagai master).
Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved