Menbedakan Jenis Kelamin Anakan Kenari

Menbedakan Jenis Kelamin Anakan Kenari

Memang tidak mudah untuk membedakan jenis kelamin burung anakan. Bahkan para pakar penangkaran pun seringkali masih bisa meleset sehingga harus sangat hati-hati. Berikut beberapa tips yang bisa Anda gunakan sebagai panduan dalam membedakan jenis kelamin anakan burung Kenari:

1.Sejak usia 3 hari pembuluh vena di sebelah perut akan turun menuju dubur dan akan menuju bagian depan dari dubur. Hal ini nampak pada burung kenari jantan yang masih muda. Tapi pembuluh vena ini tidak akan tampak pada kenari betina. Walaupun pembuluh ini ada di seluruh kenari jantan, akan lebih baik jika menganalisanya sebelum kenari jantan tumbuh bulu.
2.Pada hari ke 5-8, ambil semua anak-anak kenari dari satu indukan dan letakkan sejajar seperti posisi kuda balap pada pacuan kuda. Yang melompat paling jauh adalah kenari jantan.
3.Anak burung Kenari jika diperhatikan mempunyai pusat kaki bawah yang panjang sementara yang lainnya punya 3 telapak kaki yang memiliki panjang yang sama. Salah satu yang memiliki pusat kaki yang panjang akan sulit untuk bergabung dengan yang lain dan ini adalah kenari jantan. Kenari betina lebih mudah untuk bergabung karena ketiga telapak kakinya memiliki ukuran yang sama.
4.Perhatikan bagian tulang burung. Di sepanjang tulang belakang kenari jantan warnanya lebih kaku dan lebih pekat . Untuk yang betina warnanya kaku dan pekatnya tidak sampai sepanjang tulang belakang.
5.Sebelum anakan kenari berbulu, lihat bagian kepalanya. Untuk yang jantan lebih pipih dan yang betina lebih bulat.
6.Usia 6-7 hari anakan kenari mulai membuka mata. Kenari jantan matanya sejajar dengan paruhnya dan yang betina, letak mata diatas paruh yang menyebabkan tampilan kepalanya lebih bundar.
7.Perhatikan tingkah laku anak Kenari ketika diberi makan oleh induknya di sangkarnya. Kenari jantang akan berdiri paling tinggi , teriak paling keras dan yang paling ingin diberi makan. Sementara yang betina kakinya lebih pendek sehingga tidak berdiri tinggi dan diberi makan lebih sedikit dibanding yang jantan.
8.Sekitar usia 5 bulanan, kenari jantan biasanya warnanya lebih terang. Dan pada bagian tertentu warnanya lebih tajam khususnya di bagian dekat kepala. Pusat kepala pada burung kenari betina yang berwarna kuning akan menjadi sangat terang.
9.Seandainya usia 6 bulan belum ketahuan jenis kalaminnya, cobalah perhatikan saat semua Kenari bercampur. Kenari betina akan duduk lebih rendah karena struktur badannya. Dan biasanya kenari betina akan berkelahi dengan kenari jantan ketika ingin berkicau atau mempraktekan suaranya.
Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved