Obat-obatan, vitamin, dan mineral untuk kenari

Pada umumnya jika kenari sudah dirawat dengan baik, mulai dari pemberian pakan, menjaga kebersihan dan keamanan baik burung maupun sangkarnya, kemungkinan burung terserang penyakit sangat kecil. Namun, tidak ada salahnya jika diberikan juga beberapa obat-obatan yang dapat membantu mengatasi segala jenis gangguan penyakit yang biasa digunakan untuk burung termasuk kenari. Berikut ini beberap jenis obat yang diulas berdasarkan manfaatnya bagi burung.

1.         Membantu pertumbuhan bulu

Kondisi bulu sangat mempengaruhi penampilan burung, apalagi bagi kenari yang diandalkan keindahan bulunya. Sementara kenari yang diinginkan suaranya saja jika kondisi bulunya rusak atau ngurak juga enggan berbunyi. Untuk membantu pertumbuhan  bulu agar subur serta mempunyai daya tahan yang kuat dapat menggunakan Juvero Powder, Canary post, dan Growvit.

2.         Menambah nafsu makan

Beberapa penyakit juga menyebabkan hilangnya nafsu makan atau sebaliknya akibat nafsu makan berkurang dapat terserang  penyakit, guna meningkatkan nafsu makan burung kenari dapat menggunakan Growvit, Teravit, dan Wonder Vitamycin Powder.

3.         Mengatasi gangguan bakteri atau virus

Banyak penyakit yang ditimbulkan akibat serangan bakteri atupun virus yang dapat ditanggulangi  dengan menggunakan beberapa jenis obat-obatan. Sulfamix dapat digunakan untuk mengatasi berak kapur, berak darah, berak hijau, muka bengkak, dan CRD. Teravit bisa membantu menyembuhkan berbagai macam infeksi, gangguan pernafasan, ngantuk, dan mencret. Sementara Vita Tetra Chlor dapat digunakan mengobati jengger biru, mencret, berak hijau, pilek, stres (akibat perjalanan jauh), serta gangguan lainnya.

4.         Mengatasi gangguan parasit

Penyakit pada kenari ada juga yang disebabkan oleh serangan parasit. Kutu dapat dibasmi dengan Rodalon, sedangkan untuk membasmi kuman-kuman dalam sangkar atau kandang selain Rodalon dapat juga digunakan Asepto, Dettol, dan Amplexol. Sementara untuk cacingan dapat diatasi dengan menggunakan Stop Worm, Worm-X, Vermok, dan Tri Worm.

5.         Mengatasi kekurangan vitamin dan mineral

Keberadaan vitamin dan mineral dalam tubuh kenari dapat menjaga staminanya selalu prima. Kekurangan vitamin dan mineral bisa mengakibatkan kesehatan burung terganggu. Ada beberapa jenis penyakit yang diakibatkan kekurang vitamin di antaranya ophtalmia (karena kekurangan vitamin A), polyneuritis (karena kekurangan vitamin B), rachitis (karena kekurangan vitamin D), dystropia (karena kekurangan vitamin E), haemorrhagic disease (karena kekurangan vitamin K, serta beberapa gangguan akibat kekurangan mineral, yaitu rachitis (karena kekurangan calsium), perosis (karena kekurangan mangan), anemia (karena kekurangan ferrum), depigmentasi(karena kekurangan cuprum), dan gondok (karena kekurangan yodium).

Untuk mengatasi gangguan kekurangan vitamin dan mineral dapat diberikan beberap vitamin dan mineral sintetis. Misalnya, AD-plek, Vitavit, Supervit Drops, B-kompleks, dan mineral B-12. Pemberian vitamin dan mineral dapat dicampur kedalam pakan atau air minum sesuai dengan petunjuk yang ada.
Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved