Persiapan menjelang lomba

Burung kenari hasil didikan tentunya sangat diharapkan dapat berlaga di arena kontes dan keluar sebagai juara. Oleh karena itu, selain perawatan dan latihan rutin, saat menjelang lomba kenari juga harus dipersiapkan secara matang. Meskipun memiliki suara andalan, tetapi jika kurang persiapan, ketika lomba bisa “macet” (tidak bunyi) atau jika bunyi suaranya kurang maksimal.

Persiapan yang dilakukan menjelang lomba sekurang-kurangnya satu minggu sebelum pelaksanaan. Memasuki masa persiapan lomba, kenari harus mendapatkan perhatian yang ekstra ketat. Selain makanan yang diberikan untuk sehari, perlu juga ditambahkan beberap jeni biji-bijian yang mempunyai kandungan gizi yang tinggi dan mampu meningkatkan gairah berkicau, seperti biji fumiyan. Namun, jika biji fumiyan tersebut sulit didapatkan, dapat diganti CD yang di dalamnya juga terdapat biji fumiyan. Selain itu, sebaiknya semua pakan yang berbentuk biji setelah dicuci bersih dan kering dilapisi telur dan madu lalu dikeringkan atau ditambahkan (diolesi) Supervit Drops.

Air minum yang diberikan menjelang lomba, sebaiknya diganti dengan air mineral dan ditambahkan vitamin khusus burung yang banyak dijual di pasaran, di antaranya Vitobel C-3, Vitobel C-3R (dopping), Vitasol, Growvit, atau Canary post. Pemberian vitamin atau obat-obatan dalam air minum tersebut sebaiknya jangan secara bersamaan guna menghindari terjadi kontaminasi. Namun, diberikan secara bergantian atau cukup salah satu saja jika sudah di anggap cocok.

Setiap hari kenari harus dimandikan dan dijemur secukupnya. Setelah dijemur, diletakkan di tempat yang teduh bersama burung master. Biarkan kenari berkicau sebentar lalu dikerudung dan sore harinya bisa dibuka sebentar agar berkicau, lalu ditutup kembali. Sehari menjelang lomba, setelah mendapat perlakuan yang sama dengan hari-hari sebelumnya, seusai dijemur kenari langsung dikerudung agar tidak berkicau untuk menghemat energy.

Begitu pula saat lomba (tapi ketika kenari sedang tidak bertanding) kenari diletakkan di tempat yang teduh dan sangkarnya dikerudung. Supaya terasa sejuk kerudung yang digunakan menutup sangkar dibasahi, terutama jika berlomba di daerah yang mempunyai suhu cukup panas.

Seusai lomba kenari dikembalikan pada keadaan “nol” (sebagaimana sebelum persiapan menghadapi lomba). Pemberian dopping melaluai pakan maupun minum harus dihentikan. Jika tetap diberi pakan dan minum yang mempunyai kandungan protein, mineral, ataupun vitamin terlalu tinggi bulu-bulunya akan mudah rontok. Hal ini dikarenakan kenari tidak beraktivitas (lomba). Meskipun demikian, pemberian pakan dan minum yang bersih dengan kandungan gizi yang cukup, tetap diperlukan. Begitu pula perawatan sehari-hari baik untuk mandi maupun penjemuran tetap dilakukan. Banyaknya aneka ragam suara burung kenari ketika kontes bisa membuat suara kenari berubah. Oleh karena itu, setibanya di rumah sebaiknya langsung didekatakan kembali dengan burung-burung master.
Share this article :
 
 
Support : Copyright © 2011. Trend burung - All Rights Reserved